Miliki Musholah, Mualaf Suku Laut Selat Kongki Lingga Leluasa Beribadah

Dengan dibangunnya musholah, kaum muslimin di Selat Kongki, Desa Pena'ah, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau menyiratkan kerinduan dan harapan agar di bulan Ramadhan 1442 Hijriyah/ 202 ini dapat beribadah dengan baik. (Foto : Istimewa)
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Kaum muslimin di Selat Kongki, Desa Pena’ah, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau menyiratkan kerinduan dan harapan agar di bulan Ramadhan 1442 Hijriyah/ 202 ini dapat beribadah dengan baik.

Selat Kongki yang dapat diakses melalui jalur laut dari Batam ke Daik, Ibukota Kabupaten Lingga dengan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam.

“Harapan dengan dibangun Musholah di daerahnya menjadikan harapan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitar,” kata Ketua Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri), Abdul Aziz, Kamis (29/4/2021).

Sebab menurutnya sudah 10 tahun sejak mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai muslim belum memiliki fasilitas ibadah untuk menyempurnakan keislaman mereka.

“Alhamdulillah, setelah 10 tahun akhirnya mimpi itu telah terealisasi, pembangunan musholla atas kebaikan para donatur dan dermawan yang terpanggil hatinya menyalurkan bantuan melalui Baitul Maal Hidayatullah (BMH),” ujarnya.

Aziz menambahkan, musholla sendiri ditargetkan menjadi sarana pembinaan bagi para muallaf, agar pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai Islam khususnya untuk generasi muda akan semakin meningkat.

“Senyum bahagia kaum muslimin muallaf Selat Kongki menyambut kumandang adzan yang syahdu dari musholla yang baru berdiri adalah kebahagiaan kita juga,” sebut Aziz.

Untuk menopang program pembinaan yang berkelanjutan Aziz menuturkan, satu hal yang selanjutnya perlu direalisasikan, yakni pembangunan rumah Qur’an yang juga sekaligus akan di fungsikan sebagai rumah singgah bagi para Da’i yang bertugas untuk melakukan pembinaan.

“Dengan kehadiran musholah dan juga rumah Qur’an ini diharapkan aktivitas pembinaan akan berjalan dengan baik. Mulai dari mengajari mereka untuk bersuci, tata cara shalat, mengaji dan yang paling penting adalah musholla dan rumah Qur’an ini menjadi simbol sekaligus benteng aqidah bagi mereka,” paparnya.

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) ungkap Aziz telah menargetkan setelah perayaan Idul Fitri, pembangunan rumah Qur’an kembali dimulai.

“Kami sangat berharap kesediaan bapak dan ibu, para donatur untuk terus mendukung program ini sehingga saudara muslim kita ini benar-benar dapat terbina dengan baik,” harapan Aziz.

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Provinsi Kepulauan Riau

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel