Ribuan Karyawan Hotel Batam Terima Vaksin Covid-19 Secara Massal di Hotel Harmoni One

363
Ribuan Karyawan Hotel Batam Terima Vaksin Covid-19
Ribuan Karyawan Hotel Batam Terima Vaksin Covid-19

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Batam bekerja sama dengan PHRI, melaksanakan vaksinasi secara massal yakni dengan sasaran pada masyarakat,pekerja, pelayanan publik dan Lansia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi Rabu (19/5/2021) bertempat di Harmoni One Hotel Batam Centre. Menurut Didi, hingga saat ini jumlah vaksinasi pada masyarakat terus dimaksimalkan sehingga mencapai target. Artinya, keinginan masyarakat ingin vaksin tersebut sangat tinggi.

“Kalau sudah semua lapisan masyarakat divaksin, maka bisa untuk mencegah terjadinya penularan, sebab vaksin ini tujuannya untuk antisipasi adanya virus,”ungkap Didi Kusmarjadi.

Dikatakan Didi, untuk vaksin massal dengan jumlah 3 ribu ini, melibatkan seluruh petugas dari dinas kesehatan yang terdiri dari Puskesmas berjumlah 300, dimana akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak melakukan vaksin dengan merek Astrazeneca.

“Hari ini, vaksin Astrazeneca dibagi menjadi dua tahap, karena ada 3 ribu vaksin massal yang akan dilaksanakan, tentu tidak akan cukup dengan memakan waktu satu hari saja makanya besok juga akan dilakukan lagi,”kata Didi.

Lanjut Didi, untuk vaksinasi ini khusus untuk karyawan hotel yang difasilitasi oleh PHRI. Namun adanya kesalahan informasi membuat masyarakat lain juga datang ke Harmoni One, mereka mengira Vaksinasi Massal ini untuk umum.

BACA JUGA Presiden Jokowi: Kalau Stok Vaksin Habis Silahkan Gubernur Kepri Minta Lagi ke Menkes

“Tadi pagi sempat sedikit agak ribut, sehingga pihaknya kewalahan juga tadi antisipasi karena masyarakat tersebut sudah datang dengan jumlah 200 orang bahkan lebih, hingga akhirnya masyakarat ikut divaksin oleh pertugas. Mereka tidak tau kalau vaksin ini untuk kalangan karyawan hotel saja,”ucap Didi.

Didi menyebutkan bahwa program vaksinasi massal ini juga dalam rangka kunjungan Presiden RI Joko Widodo hari ini Rabu 19 Mei 2021 ke provinsi Kepulauan Riau. Untuk hari ini sasaran vaksin itu ada 3 ribu sedangkan lansia target mencapai 2800 sehingga totalnya lebih kurang 6 ribu.

“Kontribusi kita juga cukup besar hari ini sampai besok juga ada sekitar 7 ribu untuk semuanya, pihaknya juga keliling setiap kecamatan khusus untuk lansia dengan total setiap kecamatan itu mencapai 500. Namun ada juga sebagian yang hanya 200 aja,”sebutnya.

Didi menambahkan, secara total sampai terhitung hari ini, jumlah vaksin Kota Batam sudah mencapai 72.800 itu untuk dosis satu, nah untuk dosis dua sendiri masih banyak yang pencapaiannya belum bagus dari segi kesehatan memang sudah bagus.

“Untuk lansia ini nggak tau kenapa pencatatannya dosis duanya belum sempurna, kalau dosis satunya sudah 8 ribu lebih. Jika dilihat target dari pusat sendiri untuk daerah khususnya Batam diberikan target 32 ribu untuk lansia sedangkan yang rilnya penduduk lansia itu ada 36ribu,”ungkap Didi.

Menurut Didi, kendala pada lansia ini, mereka ini enggan padahal pihaknya sudah kasih vaksin yang bagus artinya tidak bergejala dengan namanya Sinovac itu pun sudah banyak yang tidak mau.

“Lansia masih enggan untuk vaksin, nggak tau nanti mungkin mana tau ada kebijakan pemerintah khususnya supaya lansia ini mau divaksin,”tutur Didi.

Untuk itu, ia berharap dengan program vaksinasi massal ini kiranya bagi masyarakat yang belum vaksin ayo lakukan. Jangan takut adanya gejala, karena vaksin ini tidak membahayakan. (*)

Pengirim :Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel