Goes to Customer, BPJS Kesehatan Kumpul Virtual dengan Pelajar SMA dan SMK se-Karimun

591
BPJS Kesehatan untuk Pelajar Karimun
Goes to Customer, BPJS Kesehatan Kumpul Virtual dengan Pelajar SMA dan SMK se-Karimun

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dalam rangka Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang melakukan kegiatan BPJS Goes to Customer secara daring melalui zoom meeting dengan pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Karimun pada Kamis (27/05/2021).

Nining Indira Khurokina selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa memahami program JKN-KIS tidak hanya penting bagi pekerja dan masyarakat tapi juga bagi pelajar.

Dalam kesempatan ini, pihaknya berhasil mengumpulkan sekitar 168 pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Karimun untuk memahami pentingnya progam JKN-KIS.

“Kami mengundang seluruh pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Karimun, dan hari ini yang berhasil bergabung kurang lebih 168 orang,” kata Nining.

BACA JUGA Ambil Langkah Hukum, BPJS Kesehatan Gerak Cepat Tangani Kasus Penawaran Data di Forum Online

Dalam kesempatan ini, pihaknya berhasil mengumpulkan sekitar 168 pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Karimun untuk memahami pentingnya progam JKN-KIS.

Ia mengatakan setiap penduduk baik pekerja, masyarakat, dan pelajar perlu memiliki jaminan kesehatan. Pasalnya tarif biaya pelayanan kesehatan terus mengalami kenaikan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, musibah yang datang akan berdampak pada masalah ekonomi.

“Kita tidak akan pernah tau kapan kita sakit, berapa biayanya dan apa penyakitnya. Jangan sampai ketika nanti sakit, kita jadi sadikin. Apa itu sadikin? Saat sakit bisa jadi miskin,” kata Nining.

Nining menambahkan bahwa setiap pelajar yang hadir secara daring di forum tersebut harus memastikan kepesertaanya sebagai peserta JKN-KIS. Jangan sampai nanti ketika sakit justru merepotkan orangtua dan keluarga.

“Nanti teman-teman disini tanya ke orangtuanya, sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS atau belum. Bisa sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang bayar sendiri, sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau sebagai tanggungan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) kalau orangtuanya bekerja. Yang penting sudah terdaftar,” kata Nining.

Di akhir kesempatan, Nining juga meminta seluruh peserta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN dan membagikan informasi terkait program JKN serta inovasi yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan kepada anggota keluarganya.

Julpan Effendi selaku Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Kabupaten Karimun mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi terkait program JKN-KIS kepada pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Karimun. Menurutnya, ini merupakan media yang sangat tepat untuk memahami program JKN-KIS.

“Pemerintah berusaha memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat melalui program JKN-KIS. Nah, kita disini tinggal mendaftar dan memahami prosedurnya saja,” kata Julpan.(*)

Kiriman : Marina

Honda Capella