Mengenal dr. Vemy Melinda. Layak Dijuluki Superwoman Asal Mako Lanal TBK

777
Letda Laut (K/W) dr. Vemy Melinda, diapit oleh kedua orangtuanya, saat mengenyam pendidikan Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia PAPK TNI tahun 2019 Letting 26B. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Peranan pasukan TNI Angkatan Laut (AL) dalam ikut serta menangani penyebaran virus corona atau COVID-19 di tanah air, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun sangatlah di butuhkan.

Personel TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun yang berada diwilayah kerja Lantamal IV ini hampir segala lini memiliki peran serta, misi dan visi dalam upaya penanganan COVID-19 di Indonesia, tidak terkecuali di Kepulauan Riau.

Sampai saat ini, puluhan personel telah dikerahkan, baik untuk menangani pasien COVID-19 secara langsung atau menjadi tenaga pendukung dalam bidang transportasi dan logistik untuk mendistribusikan alat-alat kesehatan ke rumah sakit di seluruh Indonesia.

Kesatuan dan pimpinan TNI di tingkat Provinsi dan Kota maupun Kabupaten juga menjadi anggota gugus tugas mitigasi COVID-19 di daerah.

Terlebih pada masa-masa pandemi COVID-19 yang terus melanda, semakin hari semakin terus bertambah jumlah pasien yang terpapar COVID-19, sehingga dibutuhkan tenaga ahli medis.

Salah satunya Kepala Balai Pengobatan (BP) Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Letda Laut (K/W) dr. Vemy Melinda, yang sudah bertugas selama 11 bulan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI), Pulau Galang Kota Batam, Kepulauan Riau.

Letda Laut (K/W) dr. Vemy merupakan gadis kelahiran Samarinda Kalimantan Timur, 8 Mei 1991, putri ketiga dari tiga bersaudara, pasangan Abdoellah Soemarno Suratin.

Gadis pehobi olahraga renang ini merupakan lulusan SDN 4 Kranji Purwokerto, Jawa Tengah. Selanjutnya meneruskan pendidikannya dibangku SMP Negeri 8 Purwokerto, hingga dibangku SMA Negeri 2 Purwokerto. Selanjutnya meneruskan kejenjang Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, jurusan kedokteran umum angkatan tahun 2009, dan terakhir mengenyam pendidikan Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (PAPK TNI) tahun 2019 Letting 26B.

Dirinya selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi di RSKI, sekaligus menangani para pasien yang terpapar COVID-19. Sehingga layak dijuluki “Superwoman” Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

Vemy juga selalu mengajak sekaligus mengimbau masyarakat untuk divaksin, mendukung penuh upaya program pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Selalu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” ungkap Vemy, Kamis (15/7/2021).

Tidak hanya itu saja, wanita pecinta kucing ini juga menekankan terkait Testing, Tracing, dan Treatment.

“Guna melakukan pengujian, pelacakan, kemudian tindakan pengobatan atau perawatan kepada orang yang terpapar virus COVID-19,” pungkasnya.

Vemy juga sangat bersyukur, masih diberikan kesehatan, walaupun setiap harinya selalu kontak erat dengan para pasien positif COVID-19.

“Alhamdulillah, masih diberikan kesehatan walaupun setiap hari kontak dengan pasien positif COVID-19. Karena disini (RSKI), prosedur protokol kesehatan COVID-19 sangat ketat, dimana setiap dua minggu sekali personel selalu dicek tes antigen,” paparnya.

Kesan selama bertugas di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI), Pulau Galang Kota Batam, Kepulauan Riau tersebut, ungkap Vemy merasa beruntung dan senang menjadi bagian dari Satgas di RSKI Galang ini.

“Karena selain dipimpin oleh Karumkit yang sangat baik dan berpengalaman, yakni Kolonel CKM DR.dr. Khairul Ihsan Nasution, Sp.BS, personel lainnyapun baik dan selalu menjalin kerjasama,” pungkasnya.

Selain itu juga, menurutnya menjadi pengalaman dapat terjun langsung untuk membantu orang yang terpapar positif COVID-19.

“Intinya dengan tetap menjaga protokol kesehatan 5 M dan 3 T, serta tetap menjaga kesehatan tubuh (imun) dan jangan lupa bahagia,” sebut Vemy.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel