Mulut Manis Bahari asal Kundur, Mampu Perdayai Korban dalam Sekejap

91
Mulut Manis Bahari asal Kundur, Mampu Perdayai Korban dalam Sekejap
Bahari (41), warga Sawang, Kuba Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau, diamankan oleh Tim Bison Satreskrim Polres Karimun, karena melakukan kejahatannya dengan perdayai korban dan janji busuknya (Jambu). (Foto : Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Seorang pria paruh baya, Bahari (41), asal Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Tanjungbalai Karimun yang melakukan aksi kejahatan dengan cara keahlian khusus, yakni menghipnotis korbannya berhasil diamankan Tim Bison Satreskrim Polres Karimun tanpa melakukan perlawanan.

Tipu daya pelaku dengan mulut manisnya tersebut dalam melancarkan aksinya dengan modus berpura-pura mengenali korban , lalu setelah dekat dan akrab meminjam uang.

Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi saat menggelar konferensi pers menjelaskan bahwa, pelaku melancarkan aksinya tersebut tidak hanya di daerah Kundur saja, akan tetapi juga di Karimun. Aksi pelaku hipnotis ini pun sempat terekam kamera pengawas CCTv.

“Dalam rekaman tersebut pelaku sedang bertransaksi di salah satu counter untuk membeli handphone, setelah memperdayai korbannya,” kata Arsyad, Jum’at (10/9/2021).

Arsyad menambahkan, pelaku yang sudah pernah melakukan kasus serupa pada tahun 2018 silam ini, seolah-olah mengenal korbannya dengan berkomunikasi akrab.

“Sok Kenal Sok Dekat (SKSD), lalu pelaku perdayai korban hingga meminjam sejumlah uang milik korban,” paparnya.

Dengan adanya kejadian ini, Arsyad menghimbau kepada masyarakat Karimun, agar selalu waspada. Dan apabila ada warga yang merasa tertipu dan mengalami kerugian dengan perbuatan yang dilakukan oleh pelaku.

“Maka segera melaporkan kepada pihak berwajib,” tandasnya.

Sementara itu pelaku Bahari mengakui seluruh perbuatannya, dan uang hasil kejahatannya tersebut digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Uangnya untuk keperluan hidup sehari-hari, karena saya tidak memiliki pekerjaan tetap,” katanya.

Dari perbuatan hasil kejahatannya tersebut, Tim Bison Satreskrim Polres Karimun berhasil menyita uang Rp 5 juta 838 ribu. Dan pelaku akan dijerat pasal 378 KUHP, tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel