WCD Anambas, Bupati Perintahkan OPD hingga ke Desa Untuk Bersih Sampah Plastik

772
WCD Bersih Sampah Anambas
WCD Bersih Sampah Anambas

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Berdasarkan Surat Edaran nomor /KDH.KKA.660/IX.2021 tentang Himbauan pelaksanaan Aksi Bersih Sampah World Cleanup Day (WCD) 2021 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam rangka mendukung tercapainya misi Kabupaten Kepulauan Anambas untuk mewujudkan Anambas bebas sampah plastik serta mendukung pelaksanaan Aksi Bersih Sedunia/World Cleanup Day (WCD) berdasarkan surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No: S.362/PSLB3/PS/KLN/8/2021 tanggal 10 Agustus 2021 tentang Dukungan Pelaksanaan Kegiatan WCD Indonesia Tahun 2021, bersama ini disampaikan kepada saudara untuk dapat melaksanakan hal-hal sebagai berikut di antaranya adalah

Melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat dan staf untuk melakukan aksi pilah sampah dari rumah dan kantor masing-masing dengan 3 kategori jenis sampah yaitu organik, anorganik/daur ulang dan residu (sebagaimana terlampir) mulai tanggal 15-20 September 2021.

Honda Capella

Melaksanakan kegiatan pembersihan sampah secara serentak di kantor dan wilayah masing-masing pada hari Kamis, 16 September 2021 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai untuk OPD dan pada hari Sabtu, 18 September 2021 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai untuk Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Hasil pengumpulan sampah disimpan pada tempat sampah di satu titik lokasi atau Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang terdekat;

Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan tersebut kepada Bupati Kepulauan Anambas melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas di mulai dari tanggal 21-24 September 2021.

Laporan yang dimaksud adalah berisi foto kegiatan, jumlah warga yang ikut berpartisipasi dan jumlah sampah yang dikumpulkan sebagaimana format terlampir.

BACA JUGA World Clean Up Day 2021, DLH Batam Gelar Gerakan Tiga Hari Pilah Sampah

Mukhtar Hakim sebagai Leader kegiatan WCD Kepulauan Anambas saat di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya atas perintah Bupati Kepulauan Anambas akan mendukung dan mensukseskan kegiatan WCD di kepulauan Anambas untuk tercapainya misi Kabupaten Kepulauan Anambas untuk mewujudkan Anambas bebas sampah plastik.

“Atas instruksi Bapak Abdul Haris. SH Bupati Kepulauan Anambas kita sukseskan kegiatan WCD Kepulauan Anambas untuk mendukung Kabupaten Kepulauan Anambas terbebas dari Sampah Plastik, maka di Hari World Cleanup Day (WCD) kita sukseskan program dari Bapak Bupati”. ucapnya.

Tim WCD juga sudah melakukan sosialisasi ke Desa Tarempa Selatan untuk melakukan aksi pilah sampah dari rumah yang dimulai tanggal 12-17 September 2021, pemilahan sampah dengan membedakan 3 jenis sampah yaitu organik, anorganik dan residu, kegiatan pemilahan sampah ini merupakan agenda WCD seluruh Indonesia di masa pandemi ini, tujuan dari pemilahan sampah ini adalah mengurangi tumpukan sampah yang bisa menjadi sarang penyakit dan mengakibatkan banjir, mengurangi polusi udara, bernilai ekonomis jika sampah dikelola dengan baik atau di kirim ke bank sampah, pengolahan daur ulang untuk pembuatan ecobrick, dll.

Hari puncaknya akan di gelar pada tanggal 18 September 2021 tepatnya besok, serentak di 187 negara, 34 provinsi dan 13 juta relawan, di Anambas kegiatan ini berlangsung demi tercapainya Anambas bersih dari Sampah Plastik.(Rama).

FANINDO