Pihak Cabjari Tarempa Tenggelamkan 2 Kapal Ikan Vietnam di Perairan Anambas

92
Kapal Ikan Vietnam
Kapal Ikan Vietnam Anambas

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa (Cabjari Tarempa) Eksekusi 2 (dua) unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam, kedua kapal KIA tersebut antaranya adalah KIA KG 94059 TS dan KIA BT 97901 TS, Minggu, 26/9/2021.

Jaksa Eksekutor dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa Roy Huffington Harahap.SH.

“Eksekusi KIA berbendera Vietnam tersebut dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan, pemusnahan dua kapal KIA tersebut telah mempunyai kekuatan hukum tetap, kemudian KIA berbendera Vietnam tersebut dinyatakan bersalah karena telah melakukan ilegal fishing di laut Indonesia,” ucapnya.

Berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru Nomor 202/Pid.Sus/2019/PT PBR dan Nomor 203/Pid.Sus/2019/PT PBR, kapal KIA tersebut harus di musnahkan, hal tersebut dilakukan agar tidak ada lagi kapal kapal KIA yang masuk ke perairan Indonesia, khususnya di laut Natuna Utara yaitu Kepulauan Anambas.

“Berdasarkan putusan pengadilan, kapal KIA tersebut harus di musnahkan, hal ini untuk memberikan efek jera kepada kapal kapal KIA lainnya, semoga dengan dilakukannya pemusnahan dengan cara penenggelaman ke dasar laut, kapal KIA tidak lagi masuk ke perairan kita,” tutupnya.

Tujuan dari pemusnahan kapal KIA tersebut ke dalam laut agar nantinya bisa menjadi rumpun ikan, kegiatan berjalan lancar dengan bantuan dari masyarakat.

“Penenggelaman Kapal KIA tersebut bertujuan untuk rumpun ikan, dan kemudian pemusnahan tersebut dilakukan setelah mendapatkan keputusan pengadilan yang sah, Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar,” tutupnya.(*)

Kiriman: Rama

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel