Wako Batam soal PPKM Level 3 saat Nataru: Bagus Harus Ada Pengetatan

793
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (Photo: Taufik)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyambut baik rencana Pemerintah Pusat yang akan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Rudi mengatakan penerapan PPKM Level 3 ini sangat bagus demi menekan penambahan kasus positif Covid-19. “Harus ada pengetatan,” kata Rudi ditemui usai menghadiri Paripurna DPRD Batam, Kamis (18/11/2021).

Seperti diketahui, Kota Batam saat ini sudah berada di Level 1 PPKM sejak Oktober 2021 lalu. Status ini disandang Batam seiring semakin menurunnya kasus positif Covid-19.

Honda Capella

Namun, terkait penerapan PPKM Level 3 secara nasional, Rudi sepenuhnya menyerahkan mekanismenya kepada Pemerintah Pusat.

“Kalau Batam naik Level 3 itu artinya masyarakat harus mengikuti aturan tersebut, jadi tidak sama dengan Level 1,” tegasnya.

Karenanya, Rudi ingin masyarakat Batam tetap mematuhi protokol kesehatan. “Jangan sampai abai karena Covid-19 belum hilang,” imbuh Rudi mengingatkan.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkap kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama libur akhir tahun mendatang.

Muhadjir dalam keterangan tertulisnya menjelaskan kebijakan penerapan PPKM Level 3 ini mulai berlaku pada tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Kebijakan ini nantinya akan menyamaratakan penerapan PPKM Level 3 secara nasional. ““Wilayah yang sudah berstatus level 1 dan 2 disamaratakan menerapkan level 3,” kata Muhadjir, kemarin.

Muhadjir juga menjelaskan bahwa kebijakan ini akan diterapkan menunggu Kemendagri menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru.

“Inmedagri ini sebagai pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Natal dan tahun baru yang akan ditetapkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 November 2021,” ujarnya. (taufik)

FANINDO