Delapan Hektar Lahan Warga Hangus Terbakar, Damkar PT Timah Siaga 24 Jam

600
Tim Pemadam Kebakaran (Damka) PT Timah Tbk, dibantu warga bahu membahu memadamkan amukan si jago merah, yang menghanguskan lahan seluas 8 hektar.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kekeringan berkepanjangan yang melanda wilayah Bumi Berazam, mengakibatkan lahan milik warga di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau terbakar.

Tim Damkar PT Timah Tbk telah memadamkan kebakaran hebat di atas lahan seluas 8 hektar milik beberapa warga Dusun IV, Desa Kundur tersebut.

“Alhamdulillah, tim Damkar PT Timah dapat segera memadamkan kebakaran lahan yang terjadi, sehingga dapat mengurangi dampak meluasnya potensi kebakaran,” terang Kepala Dusun IV, Desa Kundur, Iskandar, Senin (7/2/2022).

Honda Capella

Dirinya menambahkan, beberapa hari terakhir ini, kebakaran lahan terjadi pada sebagian wilayah di Karimun. Diantaranya yakni Kundur Utara yang menghanguskan lahan sekitar 5 hektar. Kemudian terjadi lagi di Parit Makam Dusun IV Desa Kundur, lalu di Desa Sawang Selatan, serta kebakaran di beberapa titik lahan perkebunan milik warga.

“Untuk penyebab kebakaran, kami belum dapat memastikan, mungkin bisa saja karena masuk bulan kemarau, sehingga rumput banyak yang kering ditambah sebagian besar lahan atau perkebunan yang terbakar, kultur lapisan tanahnya berupa gambut,” paparnya.

Tidak hanya itu saja, kata Iskandar, sudah 4 hari ini, bersama dengan warga lainnya telah berjaga-jaga di kebun untuk mencegah terjadi kebakaran. Namun, dengan peralatan sederhana (seadanya), membuat warga tidak mampu untuk memadamkan api.

“Karena kami hanya menggunakan alat mesin robin, yang tidak seberapa kemampuannya untuk dapat memadamkan kobaran api, mengingat luasnya area perkebunan yang terbakar,” tandasnya.

Oleh karena itu, menurutnya dengan adanya bantuan dari Damkar PT Timah, masyarakat sekitar sangat terbantu.

Sementara itu di tempat terpisah Kepala Desa Kundur M. Nuru mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Timah Tbk, yang tidak bosan-bosannya membantu masyarakat di wilayah operasional.

“Kami berterima kasih kepada PT Timah Tbk yang telah membantu warga, dimana warga sendiri juga memiliki keterbatasan peralatan sarana dan prasarana pemadam kebakaran,” ungkap Nuru.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Kundur Barat Haidir. Dirinya turut mengapresiasi kepedulian PT Timah Tbk yang sigap dan tanggap membantu masyarakat menangani bencana kebakaran.

“Sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Kundur, untuk memiliki kesadaran agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, sekaligus mengimbau larangan membakar sampah tanpa pengawasan. Yang dikhawatirkan dapat menimbulkan bahaya kebakaran,” harapannya.(*/rls)

FANINDO