Pantai Duwata di Anambas Kepri, Keindahannya Mirip Nusa Penida di Bali

655
Pantai Datu Duwata Anambas Kepri
Pantai Datu Duwata Anambas Kepri

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Viral penampakan pulau dan pantai mirip pantai di Bali yang tidak asing lagi yaitu Nusa Penida. Nah di Anambas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ada pulau namanya Pulau Duwata, Pulau Duwata sendiri terletak di Desa Keramut Kecamatan Jemaja Barat Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri.

Foto tersebut di abadikan oleh Wisatawan lokal dan disebarkan oleh Gusdi Munandar Pemandu Wisata yang ada di Pulau Jemaja, Gusdi nama panggilan akrabnya, dia bekerja di Dinas Pariwisata Anambas sebagai Pramuwisata Wisata atau pemandu wisata lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Anambas khususnya berkunjung Pulau Jemaja, baik menggunakan transportasi udara maupun laut.

Gusdi menjelaskan bahwa Pulau Duwata memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dengan pulau yang ada di Bali, para wisatawan tentunya wajib untuk datang dan nikmati secara langsung kejernihan dan lembutnya pasir putih pantai Duwata tersebut.

Honda Capella

Untuk menuju ke Pulau Duwata tersebut tidak bisa di akses melalui jalur darat melainkan jalur laut, dengan cara menyewa moda transportasi milik masyarakat, hanya merogoh sekitar 300 ribu rupiah Pulang pergi para wisatawan sudah bisa sampai ke Pulau Duwata dari pagi hingga sore hari.

“Cukup mengeluarkan 300 ribu, wisatawan sudah bisa sampai ke Pulau tersebut, untuk transportasi lautnya kita bisa menggunakan transportasi milik masyarakat dan ada dua jalur, bisa lewat Kota Letung, dan bisa lewat Kusik salah satu dusun yang ada di Desa Rewak Kecamatan Jemaja,” ucapnya menjelaskan kepada Wartakepri.co.id.

Foto tersebut di abadikan oleh Wisatawan lokal dan disebarkan oleh Gusdi Munandar Pemandu Wisata yang ada di Pulau Jemaja

Saat ini Pulau Duwata tersebut belum banyak yang mengenal, selain tidak berpenghuni pantai dan terumbu karangnya masih sangat alami, namun meskipun tidak ramai yang tau, Pantai di Pulau Duwata selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat lokal dan sekitarnya, kunjungan tersebut akan ramai di hari hari libur dan hari hari besar saja, seperti weekend dan hari hari besar nasional.

“Biasanya hari Sabtu dan Minggu, kemudian hari hari besar nasional, seperti lebaran, untuk ke situ butuh waktu 15 menit saja menggunakan transportasi masyarakat yang di sewa,” jelasnya lagi.

Lebih luas lagi Gusdi menjelaskan bahwa dirinya sebagai pekerja di Dinas Pariwisata Anambas wajib untuk mempromosikan objek objek wisata yang ada di Anambas khususnya di wilayah Pulau Jemaja, yang mana pulau Jemaja itu sendiri terdiri dari tiga Kecamatan dan memiliki objek wisata unggulan tersendiri, seperti di Jemaja Timur ada Air Terjun Neraja, Objek Wisata Pertanian di Desa Bukit Padi, dan di Jemaja ada objek wisata Pantai Padang Melang yang berada di Desa Batu Berapit, dan di Jemaja Barat ada Pulau Duwata dan Gua di tengah laut.

“Saya rekomendasikan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Anambas khususnya di Pulau Jemaja untuk pergi ke tempat yang sudah saya sebutkan tadi, pasti puas,” tutupnya.(Rama)

FANINDO