Kabinda Kepri, Brigjen Pol Gumay: Vaksinasi Booster di Kepri Tembus 504 Ribu Orang

442
Satgas Covid Kabinda Kepri Brigjen Pol Gumay Vaksinasi Booster
Kabinda Kepri Brigjen Pol Gumay Vaksinasi Booster

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – H-11 jelang Idul Fitri, pelaksanaan vaksinasi oleh Binda Kepri dan Dinkes Batam terus digelar di sejumlah titik di Batam.

Dalam pelaksanaan vaksinasi hari ini, Rabu (20/04/2022), selain di Puskesmas, gerai vaksinasi massal juga dibuka di Grand Batam Mall, Mall Botania, Lapangan Futsal SP Plaza, Perum Laguna Indah dan Kampus Unrika Batam dengan target sasaran 4.000 orang.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R.C. Gumay menerangkan alokasi vaksin diperuntukan untuk semua kategori baik dosis primer maupun booster. Kendati demikian, alokasi vaksin lebih banyak diperuntukan bagi masyarakat yang belum mendapat dosis booster dikarenakan masih rendahnya capaian vaksin booster di Kepri, sedangkan vaksin booster menjadi syarat wajib bagi pelaku perjalanan dalam negeri agar dapat mudik atau libur lebaran.

Honda Capella

“Kegiatan vaksinasi digelar rutin untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kepri, khususnya yang memerlukan booster sebelum mudik ke kampung halaman. Ketika sudah mendapat vaksin lengkap, kita lebih percaya diri dalam beraktivitas apalagi kalau ingin mudik tanpa harus pemeriksanaan PCR atau antigen,” jelas Gumay.

Selain itu, ia menambahkan, program vaksinasi booster ini memang menjadi program pemerintah untuk semakin memperkuat kekebalan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 serta mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kepri, capaian vaksinasi booster hingga 19 April 2022 sebanyak 36,72 persen atau 504.240 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Sementara itu, capaian vaksinasi booster tertinggi berada wilayah Batam dengan capaian 44,24 persen atau 349.274 orang dari total sasaran 789.451 orang masyarakat Batam.

Salah satu peserta vaksinasi, Agustina mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan bagi masyarakat jelang Idul Fitri.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kepala BIN, yang telah bekerjasama dengan dinas kesehatan dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 sehingga kita tahu sekarang kondisi Covid-19 mereda dan dapat dikendalikan,” terangnya.

Kemudahan untuk mendapat vaksinasi saat ini juga diungkapkan oleh peserta vaksinasi di gerai vaksinasi BIN yang dibuka di Unrika Batu Aji.

“Saya mendapat kemudahan untuk mengikuti vaksinasi karena penyelenggara dari BIN membuka pendaftaran online untuk masyarakat umum, saya memilih untuk segera mendapat vaksin meskipun belum berencana mudik karena membuat saya percaya diri dan aman untuk bepergian kemanapun nantinya,” ujar Anisa yang tinggal di kawasan pondok bukit Barelang.

Wakil Ketua BEM Fakultas Ekonomi Unrika, Fikri Wahyu Irawan mengatakan ikut bangga sebagai mahasiswa bisa terlibat langsung dalam kegiatan positif untuk membantu masyarakat agar mendapat vaksin Covid-19.

“Kami senang bisa ikut membantu masyarakat apalagi masyarakat banyak yang ingin mudik dan memerlukan booster, dengan dibukanya gerai vaksinasi di Unrika ini memberikan kemudahan bagi masyarakat Batu Aji dan sekitarnya untuk mendapat vaksin,” kata Fikri yang ikut terlibat sebagai panitia kegiatan vaksinasi, pada Rabu.

Kegiatan vaksinasi juga direncanakan akan kembali diselenggarakan Binda Kepri di Maha Vihara Duta Maitreya Batam, pada Sabtu (23/04/2022) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batam, PSMTI dan Yayasan Pancaran Maitri.

Kegiatan vaksinasi tersebut terbuka untuk umum bagi yang belum mendapat vaksin dosis I, dosis II dan booster. Adapun vaksin yang disediakan adalah jenis Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.

Bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis I, dosis II dan booster, dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi pada link http://www.vaksinmaitreya.org.(Rama)

FANINDO