303 Jamaah Calon Haji asal Batam Terverivikasi Berangkat Haji Tahun 2022

441

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kementerian Agama
(Kemenag) Kota Batam memastikan sebanyak 303 jemaah haji reguler asal Batam berhak berangkat haji ke tanah suci tahun 1443 Hijriah / 2022 masehi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam Zulkarnain Umar mengatakan, nama-nama jemaah haji asal Batam yang berhak berangkat tersebut telah memenuhi verifikasi dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama.

“Jemaah haji asal Batam ada sebanyak 303 orang, dan mereka berhak berangkat tahun 1443 H ini,” ujar Zulkarnain saat dihubungi WartaKepri Rabu (11/5/2022).

Proses verifikasi yang dilakukan Kemenag untuk memastikan seluruh jemaah yang berangkat telah memenuhi syarat terbaru dari pemerintah Arab Saudi.

Diketahui, Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan terbaru pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 tentang batas usia calon jemaah.

Pemerintah menetapkan akan memberangkatkan calon jemaah haji ke Tanah Suci Mekah pada tahun 2022, yakni mereka yang berusia maksimal 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022 serta sudah menerima vaksinasi Covid-19 sesuai ketentuan yang diterapkan pemerintah Arab Saudi.

“Pembatasan usia jemaah haji murni keputusan pemerintah Arab Saudi sesuai dengan surat keputusan dari kedutaan besar Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta,” jelas Zulkarnain.

Zulkarnain berharap jemaah yang sudah ditetapkan berhak berangkat, segera mempersiapkan diri dengan baik serta melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat mendaftar.

“Pelunasan sudah dibuka dari tanggal 9 – 20 Mei 2022, kepada jemaah bisa melakukan konfirmasi,” tambah Dia.

Selama dua tahun tidak diselenggarakan proses ibadah haji guna mencegah penularan Covid-19. Tahun ini Pemerintah Arab Saudi resmi membuka pelayanan ibadah haji pada musim haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi dengan jumlah kuota satu juta orang.

Diketahui, kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sesuai dengan ketetapan pemerintah Arab Saudi sebanyak 100.051 orang.

Sementara kuota jemaah haji reguler, Arab Saudi menentukan jumlah jemaah haji sesuai dengan aplikasi e-Haj ialah 92.825 orang.

Zulkarnain mengimbau masyarakat untuk ikut serta memberikan dukungan dalam menyukseskan penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M. (adi)

Honda Capella