Potensi Desa Jang Moro, Rafiq: Konservasi Penyu Kemajuan Pariwisata

634
Konservasi penyu menjadi salah satu ikon destinasi pariwisata di pulau Manda, Moro Tanjungbalai Karimun.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Jang, Kecamatan Moro, Minggu (15/5/2022).

Ada dua tempat yang dikunjungi Bupati, yakni Pulau Manda dan Kampung Bahari Nusantara Desa Jang, Moro, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

Kunjungan Bupati ini sekaligus dalam rangkaian halal bihalal bersama para Tomas, Toga, nelayan dan masyarakat.

Setibanya di pulau Manda, Bupati beserta rombongan langsung bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Jang.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan apresiasinya atas kemajuan destinasi pariwisata yang ada di Kecamatan Moro.

Dirinya mencontohkan pulau Manda yang kini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai sekaligus melihat langsung konservasi penyu yang ada.

“Pulau Manda kini semakin dikenal oleh wisatawan, dari keterangan pengelola sudah ribuan orang berkunjung ke sini untuk menghabiskan waktu luang di pantai sembari melihat konservasi penyu,” ungkap Bupati.

Begitu juga dengan Kampung Bahari Nusantara yang sebelumnya tidak dikenal, kata Bupati kini menjadi salah satu destinasi wisata bahari unggulan yang ada di Kabupaten Karimun.

Kampung Bahari juga semakin dikenal, yang dikelola dan dibina langsung oleh Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Kampung Bahari Nusantara juga semakin dikenal oleh wisatawan dengan wisata baharinya, disini wisatawan dapat menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling serta menikmati wahana seperti banana boat, sepeda air, kano serta wahana permainan lainnya,” papar Rafiq.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan apresiasi kepada para perangkat Kecamatan, Desa hingga masyarakat setempat.

“Bahu membahu dan bergotongroyong memajukan pariwisata di Kecamatan Moro,” pungkasnya.

Bupati meyakini sektor pariwisata di Kecamatan Moro memiliki banyak potensi untuk terus berkembang, pada akhirnya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pada kesempatan halal bihalal ini Bupati juga mendengarkan saran, masukan dan permintaan masyarakat sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap kemajuan sektor pariwisata.

“Masyarakat menyampaikan permintaannya seperti ketersediaan air bersih, pembangunan mushola, tanggul dan batu miring untuk mencegah abrasi. Mengenai permintaan ini akan kita akomodir sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Bupati dalam kesempatan ini juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata bidang pemasaran, dimana sedang melakukan syuting promosi wisata “Enjoy Karimun” di kedua objek wisata tersebut.

Bupati meminta Dinas Pariwisata untuk menggencarkan promosi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karimun.

“Saya minta Dinas Pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada di Karimun ini. Dengan promosi-promosi, terus informasikan baik kepada wisatawan lokal maupun mancanegara tentang potensi wisata yang ada,” paparnya.

Karena menurut Bupati, slogan “Enjoy Karimun” yang diluncurkan sangat baik dan diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan,” tandasnya.

Dalam kunjungan ke beberapa destinasi pariwisata di Moro tersebut, Bupati turut didampingi Sekretaris Daerah HM Firmansyah, Asisten III, Pimpinan OPD, Camat Moro serta sejumlah Kepala Desa setempat.(rls/Diskominfo)

Honda Capella

FANINDO