Lanal Tarempa Fasilitasi Putra-Putri Tempatan Jadi Prajurit TNI Angkatan Laut

79
Calon Prajurit TNI AL
Calon Prajurit TNI AL jalani pemeriksanaan tes fisik. Foto Dokumentasi Lanal Tarempa

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa terus berupaya mencari dan merekrut putra putri terbaik Kabupaten Kepulauan Anambas untuk menjadi Prajurit TNI AL.

Komandan Posal dan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) dikerahkan oleh Komandan Lanal Tarempa untuk memberi sosialisasi tata cara atau prosedur dan selanjutnya mengajak mereka mengikuti penerimaan prajurit TNI AL.

Sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL dilaksanakan mulai dari sekolah-sekolah, tempat ibadah, perkumpulan remaja bahkan sampai mendatangi ke rumah- rumah di wilayah kerjanya masing-masing.

Honda Capella

Setelah didapatkan para pemuda, baik Pria maupun wanita yang dianggap memenuhi syarat dan berminat, akan diberikan pembekalan. Tak lupa calon peserta terlebih dahulu diperiksa kelayakan fisik dan kesehataanya secara umum di Balai Pengobatan Lanal Tarempa, meliputi tinggi dan berat badan, kesehatan mata, gigi, penyakit kulit serta keadaan fisik secara umum.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M. Tr. Opsla, mengatakan, kegiatan ini sengaja kami lakukan atas perintah Pimpinan, guna mencari putra-putri terbaik di wilayah kerja masing-masing, yakni Lanal Tarempa di kabupaten kepulauan Anambas.

Kegiatan ini juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

“Kemudian Saya juga sudah perintahkan kepada seluruh Danposal beserta jajarannya terutama Babinpotmar agar dapat masuk dan bergabung menjadi prajurit TNI AL, untuk kemudian di data ketertarikan pemuda pemudi setempat,” ujar Yovan Kamis (/16/6/2022).

Selanjutnya disiapkan pemberian pembekalan secara fisik dan mental kepada mereka, sehingga diharapkan dari sekian perwakilan yang dikirim untuk mengikuti tes atau seleksi di tingkat pusat, akan lebih siap dan mampu bersaing dengan daerah lain.

“Diharapkan nanti akan lolos seleksi lalu mengikuti pendidikan akhirnya dapat menjadi prajurit TNI AL yang berkualitas membanggakan keluarga, pemerintah kabupaten terlebih lagi kami Lanal Tarempa,” jelasnya.

Komandan Lanal juga menegaskan bahwa proses penerimaan Prajurit TNI AL, tidak dipungut biaya. TNI AL dalam melaksanakan pengadaan personel, mulai saat proses seleksi sampai dengan pendidikan, tidak akan dipungut biaya.

“Para orangtua atau peserta sendiri, jangan khawatir masalah biaya, TNI AL dalam melaksanakan pengadaan personel, mulai dari saat proses seleksi sampai dengan pendidikan, tidak akan dipungut biaya, semua sudah ditanggung negara,” tambahnya.

Pihaknya berharap dari sekian banyak Putra-putri di Anambas, akan selalu ada yang bisa lolos tes menjadi Prajurit TNI AL disetiap angkatan atau periode, baik strata Tamtama, Bintara bahkan Perwira.

“Jika ada yang berminat, silahkan datang ke Instansi TNI AL terdekat baik di Posal atau langsung ke Markas Komando Lanal Tarempa,” uangkap Danlanal

Hingga saat ini, pelaksanaan penerimaan yang sudah dimulai beberapa waktu lalu, jumlah pendaftar sementara sebanyak 26 orang, 17 orang dari kecamatan Palmatak.

Posal Memperuk mengirim calon untuk dipersiapkan sebanyak sembilan orang tujuh orang Pria dan 2 orang wanita, seluruhnya berasal dari desa Munjan dan desa Nyamuk yang merupakan wilayah kerja Posal Memperuk.

Berkemungkinan jumlah calon peserta akan terus bertambah dari desa dan kecamatan lain di wilayah kabupaten kepulauan Anambas. (*/Rama)

Sumber: Siaran Pers Lanal Tarempa
Editor: Yusuf Riadi

FANINDO