Penerimaan PPDB Di Kab Bintan Berlaku Offline dan Online, Tingkat SMP Melebihi Kuota

239
Kadisdik Kabupaten Bintan, Tamsir saat meninjau PPDB di sejumlah sekolah di Bintan Timur.

WARTAKEPRI.co.id BINTAN – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2022/2023 di Kabupaten Bintan dilaksanakan secara online dan offline. Penerimaan tingkat SMP bahkan sudah melebihi kuota sehingga dialihkan ke sekolah lain.

“Pelaksanaan PPDB berlangsung sejak 20 Juni hingga 2 Juli 2022 sudah berjalan empat hari, dan berjalan dengan lancar,” ujar Tamsir saat dikonfirmasi WartaKepri.co.id Kamis, (23/6/2022)

Tamsir mengatakan, sekolah yang melaksanakan PPDB Online merupakan sekolah yang berada di daratan yang terdapat akses internetnya. Sementara untuk offline adalah sekolah yang berada di daerah pesisir dan pulau-pulau yang tidak ada akses intetnet.

Honda Capella

“Rata-rata calon siswa mendaftar secara online dari rumah masing-masing, bila ada kesulitan dapat menghubungi nomor operator sekolah yang sudah ditentukan, akan dipandu cara pendaftaran,” jelasnya.

Disampaikannya, saat ini ada beberapa sekolah yang sudah melebihi daya tampung kuota PPDB yakni SMPN 1 dan SMPN 16, SMPN 12 Bintan, dan SDN 19 Bintim.

“Untuk SMPN 1 kuota yang ditetapkan sebanyak 256 peserta, sedangkan yang sudah mendaftar 257 peserta, berarti sudah lebih 1 peserta. Sementara SMPN 16 kuota yang ditetepkan 128 peserta, sedangkan yang sudah mendaftar 132 peserta, berarti sudah lebih 4 peserta,” imbuhnya.

Lanjutnya, sekolah menengah lainya, masih ada kuota penerimaan peserta, diantaranya SMPN 2 Bintan, saat ini masih berkisar 60 persen.

“Berhubung pendaftaran secara aplikasi online, secara otomatis calon siswa yang mendaftar kesalah satu sekolah yang kuotanya sudah penuh akan dialihkan ke sekolah lainnya,” jelas Tamsir usai melakukan pemantauan PPDB di sejumlah sekolah di Bintim.

Tamsir menambahkan, untuk daya tampung tingkat SD se-Bintan di hari ke empat PPDB ini, masih banyak yang belum terisi kuota peserta masing-masing, pasalnya beberapa sekolah TK belum penyerahan raport siswa.

“Jadi orang tuanya belum mendaftarkan anak mereka ke SD,” ungkap Tamsir.

Begitu pula menurut pengakuan yang didapat dari hasil pantauan PPDP, ada juga orang tua dan calon siswa yang langsung datang ke sekolah untuk mendaftar.

Pelaksanaan PPDB sampai hari ke empat di Kabupaten Bintan secara umum berjalan baik dan lancar tidak ada kendala. (*)

Pengirim: Agus Ginting
Editor: Yusuf Riadi

FANINDO