Pesawat Latih TNI AL Jenis G-36 Bonanza T-2503 Jatuh di Selat Madura

Pesawat Latih TNI AL Jenis G-36 Bonanza
Pesawat Latih TNI AL Jenis G-36 Bonanza

HARRIS BARELANG

SURABAYA – Pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 terjatuh di Selat Madura, Jawa Timur (Jatim). TNI AL saat ini sedang berupaya mencari awak dan pesawat itu.

Pesawat itu dilaporkan terjatuh di antara wilayah Bangkalan dan Gresik yang merupakan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Kecelakaan terjadi pada pagi tadi, Rabu (7/9/2022).

Penerbangan pesawat G-36 Bonanza T-2503 itu terekam dalam data aplikasi Flightradar24. Diperkirakan pesawat tersebut sudah mengudara sekitar 10 menit.

Pesawat lepas landas sekitar pukul 08.44 WIB. Dalam aplikasi Flightradar24, tampak pesawat tersebut terbang ke arah utara.

Alur atau rute penerbangan pesawat itu lalu terputus sekitar pukul 08.54 WIB. Titik terakhir pesawat itu berada di perairan di antara Gresik dan Bangkalan.

BACA JUGA Wanita Cantik Asal Indonesia Ini Korban Pesawat Jatuh di Perth Australia

“Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat konvoi KRI melaksanakan latihan Anti Serangan Udara (Air Defense Exercise),” kata Kepala Dinas Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Julius Widjojono dalam keterangannya.

“Dalam hal ini Bonanza berperan sebagai penyerang,” kata dia.

Belum diketahui penyebab terjatuhnya pesawat T-2503. Saat ini TNI AL mengerahkan 13 KRI, 1 kapal AL (KAL), 1 tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan 1 tim penyelam.

Upaya pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR) tersebut dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI TSNB Hutabarat dan Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Deny Prasetyo. (detik)

FANINDO

Honda Capella