Lettu Yudistira Pilot Pesawat G-36 Bonanza yang Jatuh di Selat Madura

Laksamana Muda Dwika dan Pesawat Jatuh
Laksamana Muda Dwika dan Pesawat Jatuh

HARRIS BARELANG

JAKARTA – Pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 terjatuh di Selat Madura, Jawa Timur (Jatim). TNI AL saat ini sedang berupaya mencari awak dan pesawat itu. Pilot pesawat dan copilot masih dilakukan pencarian

Pesawat itu dilaporkan terjatuh di antara wilayah Bangkalan dan Gresik yang merupakan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Kecelakaan terjadi pada pagi tadi, Rabu (7/9/2022).

Penerbangan pesawat G-36 Bonanza T-2503 itu terekam dalam data aplikasi Flightradar24. Diperkirakan pesawat tersebut sudah mengudara sekitar 10 menit.

Pesawat lepas landas sekitar pukul 08.44 WIB. Dalam aplikasi Flightradar24, tampak pesawat tersebut terbang ke arah utara.

BACA JUGA Pesawat Latih TNI AL Jenis G-36 Bonanza T-2503 Jatuh di Selat Madura

Menurut Komandan Puspenerbal Petahana, Laksamana Muda Dwika Tjahja Setiawan, pesawat diterbangi oleh Pilot Lettu Laut Pelaut Yudistira Eka Permadi dan Copilot Letda Laut Pelaut Dendi Kresna Bhakti. Pesawat ini tidak dilengkapi kursi pelontar.

” Karena pesawat ringan pelatih, tidak dilengkapi dengan kursi pelontar. Fungsi pesawat selain peswat latih, sebagai pesawat serbu kapal,” kata Laksda Dwika.

Untuk titik lokasi diperkirakan jatuh dikedalaman 10 sampai 15 meter di laut.

“Siluet pesawat dari udara kelihatan pesawatnya di dasar laut,” terang Dwika mohon doa masyarakat agar dapat dievakuasi cepat dan awak selamat.

Pesawat ini baru, tepatnya tahun 2013. ” Ini pesawat sudah sangat layak karena sudah melalui berbagai sertifikasi. Tapi, ini yang namanya alat, tentu ada juga penyebabnya. Namun, kita pastikan lagi apa penyebabnya setelah berhasil pesawat kita evakuasi,” tambah Dwika lagi(*)

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO

Honda Capella