Residivis Jarah Perkakas Sparepart Di Bengkel Gendon, Brasta: Rutin Masuk Penjara, Warga Diimbau Waspada

Satreskrim Polsek Meral kembali
Satreskrim Polsek Meral kembali ungkap kasus tindak pencurian yang dilakukan oleh residivis kambuhan.(Foto : Ist)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Reskrim Polsek Meral, Polres Karimun ungkap tindak pidana pencurian, Jum’at (23/9/2022).

Pencurian yang dilakukan oleh pelaku, Iwan (41) di bengkel kendaraan (R6) milik Sulardi alias Gendon, yang terletak di bilangan Paya Rengas, RT 003, RW 002 Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun pada Jum’at (16/09/2022) lalu, pukul 08.00 WIB.

“Pengungkapan kasus pencurian berawal dari laporan korban, di bengkel kendaraan (R6) lori milik Gendon,” terang Kapolsek Meral AKP Brasta Pratama, dampingi Kanit Reskrim Aipda Jekson Marpaung.

Kapolsek menambahkan, menindaklanjuti laporan tersebut, selanjutnya Polsek Meral segera menuju lokasi untuk penanganan tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsek menyebut, saat itu korban baru saja pulang dari Tanjupinang pada Minggu tanggal 18 September 2022.

“Korban setibanya di rumah yang sekaligus dijadikan tempat usaha (bengkel), melihat di teras rumah barang miliknya yang di balut jas hujan warna biru telah berserakan,” kata Brasta.

Selanjutnya, masih kata Kapolsek terdapat beberapa barang yang hilang, diantaranya berupa satu set transmisi perseneling Mitsubishi PS 100 colt diesel serta sebuah velg Mitshubishi PS 100 colt diesel.

“Tidak hanya itu saja, barang bukti berupa tabung gas, semen, kabel listrik, alat untuk memotong besi, juga berhasil diamankan. Total kerugian barang-barang milik korban mencapai Rp 6 juta 200 ribu,” beber Kapolsek.

Ia membeberkan kronologis pengungkapan, berawal pada Selasa tanggal 20 September 2022, pukul 08.00 WIB, Reskrim Polsek Meral mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa terduga pelaku pencurian sedang berada di bilangan Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Baran Timur.

“Petugas langsung menuju lokasi dan mendapati pelaku pencurian. Selanjutnya di lakukan interogasi, dan benar adanya bahwa terduga pelaku pencurian mengakui seluruh perbuatannya,” ujar Kapolsek.

Selanjutnya kata Brasta pelaku di bawa ke Polsek Meral untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku merupakan residivis pada kasus yang sama, bolak-balik masuk dalam penjara, empat kali mendekam di penjara,” pungkasnya.

Kapolsek juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada. Bila perlu setiap tempat usaha atau tempat tinggal dilengkapi dengan kamera pengawas Cctv.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Karimun terutama di wilayah hukum Polsek Meral agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Jika menemukan tindak pidana pencurian agar dapat melaporkan ke Polsek Meral maupun Polres Karimun, untuk dilakukan penegakan hukum,” tandasnya.

Atas perbuatannya, pelaku kini kembali meringkuk di penjara. Pelaku sendiri dijerat dengan pasal 362 KUHP, dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun.(rls)

FANINDO

Honda Capella