Menang 3-2 dari Tim Curacao, Peringkat Timnas Indonesia Naik

Menang 3-2 dari Tim Curacao, Peringkat Timnas Indonesia Naik
HARRIS BARELANG

BANDUNG – Timnas Indonesia diperkirakan berhasil memperbaiki posisinya di rangking FIFA usai mampu mengalahkan Curacao. Seperti yang diketahui, timnas Indonesia baru saja meraih kemenangan kala menjamu Curacao.

Tepatnya Skuad Garuda mampu menumbangkan timnas Curacao dengan skor 3-2. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (24/9/2022).

Curacao membuka keunggulan di menit ke-7. Sepakan jarak jauh Michael Maria membentur tiang gawang, tetapi bola muntah langsung disambar Rangelo Janga dan sukses menjebol gawang Indonesia.

Ancaman Curacao berlanjut di menit ke-17. Justin Ogenia yang melihat ruang kosong di lini belakang Indonesia kemudian melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun bola melambung di atas gawang Nadeo Arga Winata.

Indonesia mencoba keluar dari tekanan dan balas menyerang. Hasilnya, Marc Klok sukses menyamakan kedudukan di menit ke-18.

Umpan vertikal Egy Maulana Vikri kepada Dimas Drajad diteruskan kepada Klok lewat passing diagonal yang mengecoh barisan belakang Curacao. Bebas tak terkawal di kotak penalti, Klok dengan dingin menaklukkan kiper Tyrick Bodak.

Gol tersebut menambah semangat Indonesia, yang kemudian berbalik unggul pada menit ke-23. Throw-in yang dilepaskan Pratama Arhan ke kotak penalti Curacao disambut Fachruddin Aryanto dengan sundulan yang bersarang di sudut kanan gawang.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Menit ke-24, Curacao melihat celah di pertahanan Indonesia kemudian melancarkan serangan balik. Throgh pass dari Kenji Gorré diselesaikan Juninho Bacuna dengan tembakan keras ke sudut kiri gawang.

Witan Sulaeman mendapat bola kemelut di kotak penalti pada menit ke-38, namun sepakannya melambung jauh. Menit ke-40, tembakan mendatar Yakob Sayuri dari sisi kanan sukses dihalau Bodak. Skor 2-2 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Gorré hampir menambah gol Curacao di menit ke-53, tetapi tembakannya berhasil dimentahkan Nadeo. Dua menit berselang, Indonesia justru berhasil mencetak gol ketiga.

Klok dengan jeli memberi umpan terobosan kepada Arhan yang masuk ke kotak penalti dari sisi kiri. Pemain Tokyo Verdy itu mengirim umpan silang kepada Dimas yang berada di depan gawang Curacao.

Dengan satu sontekan backheel, penyerang Persikabo 1973 itu berhasil menjebol gawang Bodak. Indonesia memimpin 3-2.

Usai unggul, Indonesia tak mengendurkan serangan. Saddil Ramdani mendapat peluang di menit ke-63, tetapi gagal berbuah gol. Sepakan jarak jauh Ramadhan Sananta di menit ke-76 ditepis Bodak, sedangkan tembakan mendatar Sayuri semenit kemudian bisa ditangkap kiper Jong PSV itu. Skor 3-2 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46′), Marc Klok (Rizky Ridho 85′), Yakob Sayuri, Dimas Drajad (Ramadhan Sananta 70′ (Muhammad Rafli 84′)), Egy Mualana Vikri (Marselino Ferdinan 46′), Witan Sulaeman (Dendy Sulistyawan 74′).

Curacao: Tyrick Bodak, Dylan Timber (Ayrton Statie 54′), Justin Ogenia, Cuco Martina, Shanon Carmelia (Nathangelo Markelo 70′), Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Jeremy Antonisse, Kenji Gorré (Gevaro Nepomuceno 58′), Michael Maria (Roly Bonevacia 70′), Rangelo Janga. (bola/detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG