Tahun 2023, Dinas PUPR Pasbar Alokasikan Jalan Teuku Umar Kinali Capai Rp 6 Miliar

Tahun 2023, Dinas PUPR Pasbar Alokasikan Jalan Teuku Umar Kinali Capai Rp 6 Miliar

HARRIS BARELANG

PASBAR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat mengusulkan anggaran peningkatan jalan Kapundung Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023 senilai Rp 6 miliar untuk membangun jalan Teuku Umar akses pendidikan menuju SMK Negeri 1 Kinali dan SMP Yapiaak, Padang Kuranji Kapundung, Kenagarian Persiapan Bandua Balai, Kecamatan Kinali.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Pasbar, Bambang Sumarsono menjelaskan Dinas Pekerjaan Umum mencoba untuk mengusulkan anggaran peningkatan jalan Kapundung Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023 senilai Rp 6 miliar dari simpang Kapundung, menuju SMK Negeri 1 Kinali dan SMP Yapiaak, Padang Kuranji, Kenagarian Persiapan Bandua Balai, Kecamatan Kinali.

“Intinya kami bukan tidak pernah menganggarkannya atau mengusulkan, mengingat anggaran terbatas apalagi 2022 ini. Karena dari dana DAK tidak dapat anggarannya tapi sudah dimasukkan ke prioritas peningkatan jalan,” jelas Bambang Sumarsono diruang kerjanya, Kamis (6/10/2022).

Jadi, kata Bambang, untuk pembangunan ruas jalan menuju SMK Negeri 1 Kinali Kapundung, rencananya tahun 2023 mendatang mulai dilaksanakan pekerjaannya.

“Kita dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pasaman Barat, coba untuk usulkan anggaran peningkatan jalan Kapundung sepanjang lebih kurang 2000 meter pengaspalan hotmix dengan menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar,” kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya masih menunggu realisasi anggaran turun saja. Setelah itu dilakukan tahapan lelang baru pelaksanaannya. Jalan itu nantinya dibuka lebarnya 4 meter dengan kapasitas kendaraan maksimal 10 ton melewati jalan tersebut.

“Sehingga ketahanan jalan tersebut lebih lama. Sebab aspalnya bukan siram, tetapi hotmix kualitasnya lebih bagus dan padat, dengan tujuan agar jalan ini bisa tahan dipakai,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Bambang, truk jenis Tronton dilarang masuk ke jalan statusnya milik pemerintah daerah. Intinya saling menjaga bersama agar jalan tidak rusak, apalagi yang menggunakan jalan tersebut tidak hanya masyarakat petani saja, tetapi siswa siswi setiap hari melewati jalan tersebut.

“Insyaallah ya, Pembangunan jalan ini harus kita jaga bersama mendukung, sebab menggunakan jalan itu selain masyarakat juga akses pendidikan menuju pendidikan,” ucapnya.

Bambang mengungkapkan,semua pihak diminta sangat berperan penting dalam mendukung pembangunan jalan. Sementara itu untuk kendala baik itu pembebasan lahan sudah tidak ada lagi masalah.

“Untuk lapangan, survei sudah, ambil kordinat juga sudah, jadi nggak ada lagi kendala,” ungkap Bambang.

Hanya saja tinggal pelaksanaan dan penganggaran saja, survei sudah dan ambil kordinat. Paling penting secara bersama mendukung pembangunan di Pasaman Barat.

Sementara Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto mendukung penuh atas wacana pembangunan jalan menuju SMK Negeri 1 Kinali di Kapundung, Kecamatan Kinali. Tidak ada alasan untuk tidak mendukung hal tersebut. Jadi harus kita berikan suport.

“Kita siap untuk suport agar jalan ini segera dilakukan pembangunannya, sebab banyak pemanfaatan bagi masyarakat banyak jika jalan itu diperbaiki,”ucap Wabup Risnawanto.

Bahkan, Wabup Risnawanto juga sudah pernah ke lokasi tersebut. Menurutnya, kondisi ini sangat parah sekali, sangat layak sekali dibangun. “Saya sudah pernah ke lokasi, cek langsung keadaan jalan tersebut,” ujar Wabup Pasbar Risnawanto. (*)

Laporan :Taufik Chaniago.

FANINDO

Honda Capella