Akahkah Aunur Rafiq Jadi Penantang Ansar Ahmad di Pilkada Kepri 2024?

Aunur Rafiq dan PDI Perjuangan
Beredar foto Bupati Tanjung Balai Karimun Aunur Rafiq mengenakan jaket kebesaran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Beredar foto Bupati Tanjung Balai Karimun Aunur Rafiq mengenakan jaket kebesaran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam sebuah acara resmi PDI Perjuangan Provinsi Kepri.

Aunur Rafiq berdiri didepan dan belakangnya adalah mantan Walikota Tanjungpinang yang sekarang sebagai anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah.

Foto tersebut diabadikan dalam rapat koordinasi (Rakor) PDI P se Provinsi Kepri, Sabtu (8/10/2022) di Harmoni One, Batam.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri Lis Darmansyah menanggapi santai isu Aunur pindah ke partai moncong putih tersebut.

“Beliau kan masih ketua golkar dan kemarin kan kita minta sebagai narasumber,” kata Lis Darmasyah dalam pesan singkatnya.

Sebelumnya, dikalangan media di Karimun isu akan pindah partai Aunur Rafiq ke Partai PDI Perjuangan sudah berhembus sejak awal tahun 2022.

Aunur sebagai Ketua partai Golongan Karya Kabupaten Karimun dan saat ini sudah dua kali menjabat sebagai Bupati Karimun. Karier politiknya di Partai Golkar akan mentok, karena saat ini Ansar Ahmad dari Partai Golkar dipastikan akan maju menjadi Gubernur Kepri pada Pilkada 2024 nanti.

Otomatis, hubungan dan komunikasi Walikota Batam Rudi yang sangat kuat ke Karimun beberapa bulan lalu menjadi peluang Aunur berpasangan dengan Rudi pada Pilkada Kepri 2024.

Tentu butuh kendaraan politik yang strategis agar Rudi Rafiq bisa dipasangkan. Peluang besar suara akan banyak diraih, mengingat Batam dan Karimun menjadi lumbung suara dan penentu kemenangan Pilkada Kepri 2024.

Pertanyaanya, apakah Aunur akan dapat karpet merah dari Partai PDI Perjuangan untuk dicalonkan berpasangan dengan Rudi. Menarik untuk diikuti, mengingat peta perpolitikan di Kepri mulai terasa panas dan mulai bergairah awal awal Oktober 2022 ini.

Jika sebelumnya, petinggi pengurus Partai Demokrat Kepri merapat ke Partai Nasdem Kepri, dan viral dengan video lepas jaket demokrat.

Maka pada Jumat 7 Oktober 2022, bersempena kunjungan kerja Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Kepri, dimanfaatkan DPD Golkar Kepri untuk menyematkan jaket Golkar kepada anggota baru, Anggelinus yang tercatat sebagai kader Partai NasDem Kota Batam.

Dikutip dari BatamClick, sebelum bergabung di Partai NasDem, Anggelinus juga tercatat sebagai kader Partai PDI Perjuangan.

Momen penyematan jaket Golkar oleh Ketua DPD Golkar Kepri, Ahmad Ma’ruf Maulana tersebut juga dilakukan dihadapan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang juga mantan Ketua DPD Golkar Kepri.

Dimana Aggelinus tercatat sebagai salah satu staf khusus gubernur, sejak Ansar dilantik menjadi Gubernur Kepri sejak 2019 lalu. Wajar kalau sosok Anggelinus merapat ke Partai Golkar.

Sebelum Anggelinus, mantan Gubernur Kepri Isdianto telah berlabuh ke Partai PKB Kepri. Isdianto diperkirakan akan maju ke Pilkada Kepri atau Pileg 2024 membidik kursi DPR RI.

Tarik menarik atau saling rayu tokoh-tokoh di Kepri pindah partai politik jelang Pemilu 2024 sepertinya akan kembali terjadi.

Faktor utama politisi pindah partai adalah peluang. Peluang menang ketika pindah partai disertai dengan komitmen ketua partai memberi kemudahan untuk memilih dapil yang diinginkan, atau tiket gratis dicalonkan menjadi calon kepala daerah.

Pertanyaan apakah itu akan mudah dilaksanakan, ditengah politik di negeri ini masih menganut demokrasi oligarki.(Dedy Suwadha)

FANINDO

Honda Capella