Drama Arsenal Kalahkan Liverpool 3-2, Pekan 9 Premier League 2022-2023

Arsenal 2022-2023
Arsenal 2022-2023. Foto Jpnn

HARRIS BARELANG

LIGA INGGRIS – Arsenal kembali naik ke puncak klasemen Premier League (PL) 2022/23 seusai menang melawan Liverpool di pekan kesembilan. Berlaga di hadapan publik sendiri, Emirates Stadium, Minggu (9/10/2022), tim berjuluk The Gunners itu menang dengan skor 3-2 atas Liverpool.

Pada pertandingan ini gol kemenangan tim asal kota London tersebut dicetak melalui Gabriel Martinelli (1′) dan Bukayo Saka (45+5′), (76′).

Adapun dua gol balasan Liverpool berasal dari Darwin Nunez (34′) dan Roberto Firmino (53′). Jalannya Pertandingan Arsenal tampil menekan sejak menit awal dengan melancarkan serangan ke jantung pertahanan tim berjuluk The Reds itu.

Strategi tersebut terbukti ampuh seusai Gabriel Martinelli membuka skor saat laga belum genap satu menit.

Jalannya Pertandingan

Berawal dari penetrasi Bukayo Saka di sisi kanan pertahanan Liverpool, kolaborasi pemain asal Inggris itu dengan Martin Odegaard mampu memberikan umpan matang untuk Martinelli yang akhirnya menaklukan Alisson Becker.

Gol pemain asal Brasil itu menjadi yang tercepat kedua di tim Arsenal setelah sebelumnya Robin van Persie.

Saat itu pemain asal Belanda itu mampu mencetak gol dalam tempo 29 detik saat berhadapan dengan Sunderland di Liga Primer Inggris musim 2011/12.

Tim asuhan Jurgen Klopp sejatinya punya peluang untuk mendapatkan tendangan penalti di menit ke-15′ seusai Gabriel Magalhaes menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Sayang wasit Michael Oliver tidak memberikan hadiah penalti meski sudah melihat tayangan ulang melalui video assistant referee (VAR).

Liverpool kemudian terus berusaha mencari gol penyeimbang dengan mengandalkan Luis Diaz hingga Darwin Nunez. Gol balasan juara 19 kali Premier League itu akhirnya tercipta melalui Nunez.

Striker Timnas Uruguay itu mampu merobek gawang Aaron Ramsdale seusai mendapat umpan matang dari Diaz.

Tersentak dengan gol balasan Liverpool, Arsenal melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan The Reds. Usaha mereka memperlebar jarak terjadi saat Saka mencetak gol di penghujung babak pertama.

Pemain asal Timnas Inggris itu mencetak gol seusai kerja sama apik dengan Martinelli. Skor 2-1 untuk keunggulan Arsenal atas Liverpool menghiasi babak pertama. Pada babak kedua, Liverpool kembali mampu menyamakan kedudukan melalui Roberto Firmino.

Penyerang asal Timnas Brasil itu mencetak gol ke-10 saat berhadapan dengan Arsenal seusai menerima umpan terobosan Diogo Jota.

Sekali lagi seusai menyamakan kedudukan, tim asuhan Jurgen Klopp sedikit lengah sehingga Arsenal kembali bisa unggul.

The Gunners mendapatkan hadiah tendangan penalti di menit ke-74 seusai Thiago Alcantara melanggar Gabriel Jesus di dalam kotak penalti. Saka yang menjadi algojo menjalankan tugasnya dengan baik seusai sepakannya kerasnya ke arah kiri meluncur deras tanpa bisa dijangkau Alisson.

Skor 3-2 untuk keunggulan Arsenal atas Liverpool bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. (*/jpnn)

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO

Honda Capella