Manchester City Menang Manis 3-1 dari Brighton, Gol Pertama Haaland Mirip Salah

Manchester City vs brighton
Manchester City vs brighton. Tangkapan Layar Video

LIGA INGGRIS – Manchester City unggul lebih dulu saat menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (22/10/2022) malam WIB. Kemenangan terasa manis disaat Liverpool kalah 1-0 dari Nottingham Forest. Gol kemenangan dicetak Haaland dua gol dan 1 gol dari Kevin DB.

Manchester City ciptakan penguasaan bola sejak menit-menit awal dan Cancelo mencoba memberikan umpan terobosan ke sisi kiri dimana Grealish siap melesat ke depan. Namun Veltman berhasil menghentikan upaya tersebut.

Brighton memiliki peluang di menit ke-12 saat Ederson dengan santai keluar dari kotaknya dengan bola mencari Cancelo tapi Welbeck berhasil mencurinya. Dia langsung melepaskan tembakan lebih awal saat kiper masih jauh dari garisnya, tapi dia tergelincir sehingga tembakannya meleset jauh dari sasaran.

Di menit ke-20, City meminta penalti setelah Haaland dijatuhkan Sanchez di dalam kotak. Haaland tengah mengejar umpan dari De Bruyne dan sang kiper menjulurkan kakinya untuk mencoba memblok bola tetapi malah menangkap Haaland di pergelangan kaki. Setelah pemeriksaan, VAR tetap pada keputusan di lapangan.

Tapi tanpa waktu lama, hanya dua menit, Haaland benar-benar mencetak gol (menit 22). Ia berlari melewati dua pemain belakang Brighton untuk menerima umpan panjang dari kiper, Ederson. Setelah memenangkan duel dengan bek, Haaland dengan mudah menjulurkan bola ke gawang yang sudah kosong ditinggal Sanchez.

Gol pertama Haaland mirip gol tunggal Salah ketika Liverpool menang dari MCity minggu lalu. Bola dari kiper ditendang jauh dan striker mengejar untuk menciptakan gol.

City menggempur pertahanan Brighton. Kerjasama mereka mencapai kotak penalti Brighton di menit ke-32 saat Mahrez memberikan terobosan ke Silva di sisi kanan. Dia mengarahkannya ke De Bruyne, yang memainkan satu-dua dengan Rodri saat dia masuk ke dalam kotak. Rodri melepaskan tembakan pertama kali, tetapi Dunk berhasil memblokirnya di depan Sanchez.

Brighton memberikan balasan, peluang berhasil diciptakan di menit ke-38, saat umpan silang Trossard diblok untuk menghasilkan tendangan sudut. Gross melesakkannya ke tiang dekat, di mana Welbeck berusaha membelokannya ke gawang, tapi bola masih melebar ke sudut jauh atas.

City mendapat hadiah penalti di menit ke-41 setelah pelanggaran Dunk kepada Silva dipastikan VAR. Haaland yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan tendangan rendah ke sisi kiri gawang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA Laju Manchester City Belum Terhenti Setelah Menang 4-0 atas Southampton

Di babak kedua, City belum berhenti untuk mencoba menambah keunggulan. Di menit ke-52, City mendapat peluang saat De Bruyne melepaskan umpan kepada Mahrez yang lokos dari penjagaan saat memotong ke dalam dari kanan, tetapi tendangan rendahnya diblok oleh kaki Sanchez.

Tapi semenit kemudian, serangan balik cepat dari Brighton berhasil membuat mereka memperkecil ketertinggalan. March menerima operan di sisi kiri serangan kemudian memberikan umpan tarik kepada Trossard yang melakukan sentuhan pertama sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak ke tiang dekat yang gagal ditepis keluar oleh Ederson. Skor 2-1.

Di menit ke-72, Laporte nyaris mencetak gol dari sepak pojok yang dihasilkan. Foden mengayunkan tendangan sudut dan Laporte naik paling tinggi di dekat titik penalti. Dia membenturkan sundulannya ke tiang jauh tapi bola memantul melebar dari sasaran.

City berhasil mengembalikan keunggulan dua angka di menit ke-75, Silva mengarahkan umpan ke De Bruyne, yang berlari di luar kotak. Estupinan mencoba untuk menutupnya tetapi tidak tiba tepat waktu saat De Bruyne melepaskan tembakan ke arah gawang dan Sanchez gagal menggapainya. Skor 3-1 untuk City bertahan hingga pertandingan berakhir. (Republika)

FANINDO

Honda Capella