Warga Tiban “Berselisih” Kapolsek Sekupang Beri Solusi

Bhabinkamtibmas Tiban Baru, Polsek Sekupang Aipda Indoludin lakukan sambang dialogis memberikan problem solving pada kedua belah pihak yang bertikai karena parkir, Sabtu (22/10/2022).

SEKUPANG – Wujud sinergitas anggota kepolisian bersama masyarakat, tercermin dari peran Bhabinkamtibmas. Salah satu peran polisi adalah mampu memberi solusi terhadap permasalahan di masyarakat dengan mengedepankan strategi problem solving

Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha Suryawardana mengatakan, setiap personel Bhabinkamtibmas diharapkan dapat menjalankan perannya di wilayahnya. Salah satunya adalah dapat membantu menyelesaikan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh masyarakat, tanpa harus ke jalur hukum melainkan melalui musyawarah kekeluargaan, sepanjang akibat yang ditimbulkan tidak begitu berat.

“Ini fungsi Bhabinkamtibmas polri dalam mengemban tugasnya, selain menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing, personel mampu menemukan solusi dari suatu permasalahan di tengah masyarakat yang berselisih, hingga akhirnya sepakat berdamai,” ujar Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha Suryawardana, Minggu (23/10/2022).

Kapolsek menyebut, pihaknya mampu menerapkan strategi problem solving terhadap permasalah warganya. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Baru, Aipda Indoludin, terhadap permasalahan dua warga Tiban Koperasi, Sabtu (22/10/2022).

“Keduanya terlibat adu mulut hingga terjadi pemukulan yang berujung laporan polisi. Permasalahan antara dua warga itu dipicu hanya karena masalah sepele. Yaitu karena Rico tidak terima ditegur ketika memarkirkan kendaraannya di depan tempat usaha milik Defri,” jelas Kapolsek.

Bertempat di Tiban Koperasi Blok U Tiban Baru Sekupang Kota Batam, Bhabinkamtibmas Aipda Indoludin lakukan sambang dialogis memberikan problem solving pada kedua belah pihak.

“Akhirnya kedua belah pihak sepakat saling memaafkan dan tertuang dalam Surat Kesepakatan bersama dan sekaligus berikan himbauan untuk selalu menjaga keamanan lingkungan dan menjaga lingkungan sekitar,” tambah Aipda Indoludin.

Tindakan tersebut dilakukan bermula menerima info dari Piket SPK Polsek Sekupang yang menginformasikan bahwa ada Pelapor yang bernama Defri datang melaporkan telah mengalami pemukulan diduga dilakukan oleh Rico.

Selanjutnya dilakukan langkah koordinasi Bhabin, mendatangi TKP dan bertemu dengan Rico selaku terlapor. Selanjutnya dilakukan klarifikasi kepada pihak pihak yang terkait dalam kejadian tersebut.

Pada kesempatan yang sama Bhabinkamtibmas Aipda Indoludin memberikan himbauan selalu menjaga Kamtibmas dan senantiasa menahan diri jika terjadi suatu permasalahan. mengedepankan langkah musyawarah mencari sebuah solusi agar kajadian ini tidak kembali terulang. (*)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO

Honda Capella