Grup F, Kroasia Bikin Kanada Angkat Koper dengan Skor 4-1

Kroasia Bikin Kanada Angkat Koper dengan Skor 4-1
Kroasia Bikin Kanada Angkat Koper dengan Skor 4-1

HARRIS BARELANG

PIALA DUNIA – Timnas Kroasia meraih kemenangan penting untuk memastikan peluang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar tetap terbuka, ketika dua gol Andrej Kramaric menginspirasi kemenangan 4-1 sekaligus menyingkirkan Kanada dalam pertandingan penyisihan Grup F di Doha, Minggu (27/11/2022).

Kemenangan Kroasia ini membuat Kanada sudah dua kali kalah dalam fase penyisihan group F. Otomatis laga terakhir tidak pengaruh hasilnya. Namun, laga ketiga Kanada melawan Marako sangat penting bagi Maroko untuk menyingkirkan perluang Belgia.

Tim besutan Zlatko Dalic ini sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies saat laga di Stadion Internasional Khalifa ini baru berjalan dua menit.

Namun penyerang Hoffenheim Kramaric mampu menyamakan kedudukan dan Marko Livaja menambah keunggulan runner-up Piala Dunia 2018 itu sebelum turun minum.

Gol di babak kedua dari Kramaric dan Lovro Majer memastikan Kroasia memetik kemenangan pertama mereka di turnamen tersebut setelah sebelumnya pada laga perdana hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Maroko.

Kroasia kini duduk di puncak Grup F, di atas Maroko berdasarkan selisih gol, dan hasil imbang dalam pertandingan terakhir mereka melawan Belgia pada Kamis sudah menjamin mereka melaju ke babak 16 besar.

Di awal pertandingan, tim Kanada besutan John Herdman hanya membutuhkan waktu 68 detik untuk mengguncang Kroasia ketika Tajon Buchanan melakukan umpan silang ke area penalti Kroasia dan Davies secara sempurna menyambut dengan sundulan bola melewati kiper Dominik Livakovic dari jarak dekat.

Gol pertama Kanada di Piala Dunia ini menjadi penebus untuk Davies setelah penalti bintang Bayern Munich itu sempat digagalkan Thibaut Courtois saat mereka kalah oleh Belgia.

Catatan gol tercepat sejauh ini di Piala Dunia 2022 tersebut ternyata tidak mengendurkan semangat Kroasia dan mereka mulai membangun motivasi untuk memenangkan pertandingan.

Dengan gelandang Chelsea Mateo Kovacic yang ditarik jauh ke depan, operan bola dan pergerakan pemain-pemain Kroasia yang cepat secara bertahap mulai memberi dampak pada Kanada hingga terjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-36.

Gol berawal saat Kramaric menerima umpan balik dari Ivan Perisic di area pertahanan Kanada dan dia memberi sentuhan sejenak sebelum melepas sepakan tajam ke sudut jauh gawang Kanada.

Gol kedua tercipta melalui kaki penyerang Hajduk Split Livaja yang dipilih menggantikan Nikola Vlasic. Livaja mampu membalas kepercayaan Dalic dengan gol pada menit ke-44.

Serangan yang dibangun melalui Josip Juranovic sempat di blok pemain belakang Kanada di luar area penalti, tetapi Livaja mampu menerkam bola lepas dan dengan gesit mengirim tendangan mendatar yang apik melewati penjaga gawang Milan Borjan.

Memasuki babak kedua, pemain pengganti Kanada Jonathan Osorio mendapat peluang emas ketika sepakan jarak jauhnya melebar hanya beberapa inci saja dari mistar gawang.

Sejumlah peluang emas diciptakan kedua tim tetapi berhasil dimentahkan kiper masing-masing. Borjan mampu menahan tembakan jarak dekat Kramaric yang menyerang dari sisi kanan, sebelum tendangan Jonathan David juga dari jarak dekat ditepis Livakovic.

Kramaric memberikan pukulan mematikan dengan gol yang diciptakan pada menit ke-70.

Umpan silang Perisic disambut Kramaric di area penalti Kanada dan dia memanfaatkan ruang sempit untuk penyelesaian dengan kaki kiri dan bola melesat melalui kaki Atiba Hutchinson ke sudut bawah.

Gol Majer melengkapi kemenangan Kroasia setelah memanfaatkan operan Mislav Orsic di waktu tambahan.

Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric (Mario Pasalic 86), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Lovro Majer 86); Ivan Perisic (Mislav Orsic 86), Andrej Kramaric (Nikola Vlasic 72), Marko Livaja (Bruno Petkovic 60)

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Richie Laryea (Junior Hoilett 62), Atiba Hutchinson (Sam Adekugbe 72), Tajon Buchanan, Alphonso Davies; Stephen Eustaquio (Ismael Kone 46), Jonathan David (Lucas Cavallini 72), Cyle Larin (Jonathan Osorio 46).

Sumber : antara/detik

FANINDO

Honda Capella