Grup A, Qatar Kalah 0-2, Belanda Lolos 16 Besar, Tapi Van Gaal “Tidak Peduli”

Pelatih Belanda Van Gaal di Piala Dunia
Pelatih Belanda Van Gaal
HARRIS BARELANG

PIALA DUNIA – Belanda memang lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, tapi permainannya dinilai membosankan. Pelatih Louis van Gaal tak peduli dengan itu.

Belanda memastikan jadi juara Grup A (7 poin) setelah mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 di Al Bayt Stadium, Selasa 29/11/2022) malam WIB lewat gol-gol Cody Gakpo dan Frenkie de Jong.

Kelolosan ini melegakan Belanda mengingat ini adalah Piala Dunia pertama mereka setelah terakhir finis posisi ketiga di Brasil 2014. De Oranje gagal lolos ke Rusia empat tahun lalu.

Meski demikian, kelolosan ini bukannya tanpa cela terutama dari sisi permainan. Sepanjang fase grup, Belanda dinilai tampil kurang meyakinkan dan kesulitan mencetak gol.

Hasil Akhir Skor-2-0 Belanda Vs Qatar Piala Dunia 2022
Hasil Akhir Skor-2-0 Belanda Vs Qatar Piala Dunia 2022

Pada laga pertama kontra Senegal, Belanda butuh 85 menit untuk bisa unggul. Sementara saat unggul cepat atas Ekuador di laga kedua, mereka malah cuma bermain imbang.

Melawan Qatar yang notabene tim terlemah di grup, Belanda cuma bisa bikin dua gol. Ini jadi kekhawatiran fans serta media Belanda terkait peluang Belanda melaju di turnamen ini.

Pertanyaan soal performa pas-pasan Belanda diajukan kepada Van Gaal dalam jumpa pers usai laga. Lalu, apa jawabnya?

“Saya tidak ingin membahasnya lebih jauh karena saya rasa Anda punya pemikiran berbeda soal sepakbola,” ujar Louis van Gaal ketus seperti dikutip Daily Mail.

“Kenapa tidak Anda tulis saja sekalian permainan kami sangat membosankan dan Anda bisa pulang besok karena tidak peduli juga toh dengan tim?.”

“Mengecewakan memang tapi saya tidak setuju dengan Anda (fans gemas melihat performa Belanda). Itu pendapat Anda, tapi saya tidak peduli apakah itu benar atau tidak. Saya rasa orang akan bangga melihat kami lolos ke babak berikutnya,” papar Van Gaal.

“Saya rasa kami tidak seburuk yang dibilang orang-orang.” (*/detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG