Lebaran Sepeda Lipat Digelar, Batam Tuan Rumah Jamselinas XII Tahun 2023

Lebaran Sepeda Lipat Digelar, Batam Tuan Rumah Jamselinas


BATAM – Kota Batam terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) XII Tahun 2023. Kepastian terpilihnya Batam langsung diumumkan pengurus pusat Indonesia Folding Bike (IdFB), melalui surat bernomor 001/IDFB/JAMSELINAS/XII/2023.

“Bersama surat ini, kami pengurus komunitas Indonesia Folding Bike (selanjutnya disebut “IDFB”) menunjuk, menetapkan dan mendukung Batam Folding Bike sebagai Pelaksana Jambore Sepeda Lipat Nasional XII (Jamselinas XII) yang akan diadakan di Batam, Kepulauan Riau, tahun 2023,” demikian surat yang ditandatangani S Purwanti sebagai ketua IDFB dan Azwar Hadi Kusuma, Fonder IDFB.

Keputusan ini disambut baik para pengurus Batam Folding Bike (BFB) dan seluruh komunitas sepeda lipat di Batam. Sejak mengikuti Jamselinas XI di Purwokerto, BFB sudah menyatakan kesiapan untuk menjadi tuan rumah.

“Kesiapan kita tak lepas dari dukungan Pak H Muhammad Rudi, Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam,” kata Indra Harianto, Ketua BFB, di Galang Baru, Kota Batam, Sabtu (11/2).

Saat pengumuman, Indra bersama komunitas pesepeda dari Batam, Singapura dan Malaysia sedang melakukan gowes bareng ke Barelang, sekaligus meninjau titik KM 0 Barelang. Rencananya HMR akan membangun titik ini sebelum Jamselinas dimulai.

Lebaran Sepeda Lipat Digelar, Batam Tuan Rumah Jamselinas

Saat pukul 11.00 WIB, Indra dan para pesepeda tersebut, berhenti sejenak untuk menyimak pengumuman resmi di WA Grup Nasional.

“Alhamdulillah,” kata Indra sekaligus meneruskan surat dari IDFB.

Sebelum diputuskan, Batam bersaing dengan dua calon tuan rumah lainnya, yaitu Banjar Baru, Kalimantan Selatan dan gabungan empat kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Demak, Pati, Jepara dan Kudus.

Pada Kamis (9/2) malam, semua calon tuan rumah melaksanakan presentasi proposal secara online melalui zoom meeting. Setelah semua mempresentasikan rencana kegiatan, pengurus nasional melempar pertanyaan pertanyaan untuk kesempurnaan acara.

Proposal Batam menjadi meyakinkan karena langsung menampilkan video dukungan Wali Kota dan Kepala BP Batam H Muhammad Rudi. HMR, demikian sapaan akrab Rudi, menyatakan dukungan penuhnya untuk Batam sebagai tuan rumah Jamselinas XII.

“Selamat datang di Batam,” kata HMR di ujung video dukungannya.

Ketua BFB, Indra Harianto menyatakan, segera melapor keputusan IDFB ini kepada HMR. Karena, sebelum melakukan presentasi, bersama sejumlah pengurusan, kata Indra, mereka terlebih dahulu bertemu HMR.

“Segera kami lapor ke Pak Rudi. Untuk koordinasi, untuk kesiapan. Termasuk kick off meeting yang akan diikuti pengurus nasional,” kata Indra.(*/r)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News