Vakum 5 Tahun, Festival Lampu Hias Eid Mubarak Digelar, Ahadian: Kini Dua Kategori

Sempat vakum selama lima tahun, festival lampu hias Eid Mubarak 1444 H, kembali digelar pada tahun 2023 oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Karimun, provinsi Kepulauan Riau.(Foto: Istimewa)


WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Festival
lampu hias Eid Mubarak 1444 H, kembali digelar pada tahun 2023 ini.

Usai hampir vakum selama lima tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. Kali ini, festival lampu hias tersebut bakal di selenggarakan pada 14 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Karimun untuk memeriahkan acara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Karimun, Ahadian Zulseptyadi.

“Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan menyelenggarakan festival lampu hias Eid Mubarak 1444 H,” terang Ahadian, Kamis (2/3/2023).

Kegiatan ini kata Ahadian bertujuan untuk menyemarakkan hari kemenangan sebagai perayaan hari raya besar bagi umat islam, khususnya di Kabupaten Karimun.

“Pelaksanaan lampu colok ini sudah dikenal oleh kalangan masyarakat dan sudah menjadi tradisi kebudayaan melayu dari zaman ke zaman,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan festival lampu hias Eid Mubarak tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, menurut Ahadian akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu lampu colok dan lampu hias elektrik.

“Diharapkan dengan dua kategori yang dilaksanakan ini, mampu menjadi hiburan wisata malam bagi seluruh masyarakat yang melewati jalan, dengan dihiasi keindahan lampu hias Eid Mubarak,” paparnya.

Tidak hanya itu saja, menurutnya festival lampu hias ini juga diharapkan dapat mempererat persaudaraan masyarakat Kabupaten Karimun, untuk menjelajahi daerah-daerah yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Keindahan lampu hias ini sebagai wisata malam yang dapat mengundang wisatawan, baik lokal, nusantara, maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Karimun,” paparnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News