Terapkan Model Pembelajaran yang Tepat dan Berikan Reward dan Pujian ke Siswa Berhasil

Terapkan Model Pembelajaran yang Tepat
Wirijonto Manalu, S.Pd, Guru SD Negeri 001 Bintan Utara, Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau


WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Sekolah merupakan tempat utama dalam menimba ilmu pengetahuan bagi peserta didik. Di sekolah, peserta didik mendapatkan berbagai aktivitas belajar dan sarana belajar yang diharapkan oleh orang tua, masyarakat bangsa dan negara, Rabu (9/8/2023).

Untuk mencapai hasil belajar yang efektif dan efisien, sekolah dan guru perlu berkreatifitas dan mencari cara yang sesuai dengan karakteristik belajar peserta didik.

Ada banyak faktor yang menyebabkan motivasi belajar peserta didik rendah yang berujung pada rendahnya hasil belajar peserta didik, diantarnya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan peserta didik, guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton, guru belum menggunakan media dan alat yang kontekstual, dan lain-lain, Keadaan inilah yang menyebabkan motivasi belajar peserta didik rendah.

Hal yang paling utama diterapkan oleh tenaga pengajar atau guru adalah, penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik belajar peserta didik.

Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, diantaranya adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Discovery Learning, dan masih banyak lagi model pembelajaran lainnya yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Dalam hal ini belajar kelompok sangat disarankan untuk menambah pengetahuan dan motivasi belajar peserta didik. Ada banyak sekali manfaat belajar kelompok, diantaranya adalah peserta didik lebih leluasa bertanya dan mengemukakan pendapat, menumbuhkan rasa sosial sesama peserta didik, saling membantu dan kerja sama, peserta didik lebih aktif dan banyak ide baru, dan masih banyak lagi manfaat belajar kelompok.

Selanjutnya adalah pemberian reward atas hasil belajar yang dilakukan peserta didik, reward ini berupa pujian bagi peserta didik agar lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran pada pembelajaran berikutnya.(*)

Penulis: Wirijonto Manalu, S.Pd,
Guru SD Negeri 001 Bintan Utara, Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau

Kiriman : Agus Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News