Pertemuan Bulanan, GOW Pasbar Lakukan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco Enzyme



WARTAKEPRI.co.id,Pasbar-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat melakukan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga menjadi Eco Enzyme. Pelatihan itu digelar dalam Pertemuan Bulanan GOW yang bertemakan “Mengolah Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco Enzyme, pada Kamis (24/8) di Aula Rumah Dinas Wakil Bupati Pasaman Barat.

Pertemuan yang dibuka oleh Ketua GOW Pasbar Ny. Fitri Risnawanto itu menghadirkan narasumber Wafrizul Mainan (Ketua Bank Sampah Tuah Basamo), yang juga di hadiri oleh seluruh Pengurus GOW Pasbar.

Dalam sambutannya, Ny. Fitri Risnawanto menyampaikan bahwa pertemuan itu mengangkat tema mengolah limbah rumah tangga menjadi eco enzyme, dengan tujuan agar pengurus GOW dapat mengolah limbah rumah tangannya menjadi eco enzyme yang dapat dijadikan sebagai pestisida, pupuk tanaman, cairan pembersih lantai dan lainnya.

“Ibu ibu bisa manfaatkan limbah rumah tangganya menjadi eco enzyme. Eco Enzyme ini, mampu mengubah sampah yang kotor, bau dan bisa mendatangkan penyakit menjadi sesuatu yang banyak manfaatnya,” ungkapnya Ny. Fitri Risnawanto.

Ia meminta agar pengurus GOW dapat menerapkan ilmu ini di rumah masing-masing, karena manfaat yang di peroleh sangat banyak dan juga dapat mempengaruhi kebersihan lingkungan di Pasaman Barat minimal dari hal hal yang kecil.

“Semoga dengan didatangkannya Narasumber untuk mengajarkan pengelolaan sampah rumah tangga menjadi hal yang bermanfaat ini, dapat membantu memperluas wawasan pengurus GOW dalam segala hal yang positif,” harap Ny.Fitri Risnawanto.

Diakhir acara Ketua Bank Sampah Tuah Basamo Wafrizul Mainan memaparkan cara pengolahan limbah rumah tangga menjadi eco enzyme yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih lantai, pupuk dan lainnya.(*/r)

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News