Berikut 17 Brand Bisnis Milik Kaesang Pangarep, Ada yang Gulung Tikar

Kaesang Pangarep dan Bisnisnya 2
Kaesang Pangarep dan Bisnisnya


JAKARTA – Video Mawar bukan nama sebenarnya sepanjang Kamis (21/9/2023) menjadi satu trending di Xtwitter. Video menjelaskan silet wajah Kaesang Pangarep menyatakan memantapkan hati untuk masuk ke partai politik. Diduga video yang diunggap Partai PSI,

Namun setelah viral, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka di twitter Detik menyampaikan tidak bisa menjelaskan lebih jauh soal sosok ‘Mawar’. Tunggu saja, mohon doannya.

Selain video Mawar, berita Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep disorot juga karena sejumlah bisnisnya yang gulung tikar. Suami Erina Gundono itu pun akhirnya buka suara terkait beberapa usahanya yang disebut bangkrut.

Honda Capella

“Ya namanya rugi ya pasti kami harus tutup dulu, terus kita baru kasih waktu dulu untuk rejuvenate kan,” kata Kaesang saat ditemui Tempo usai konferensi pers KIG Live di Jakarta pada Selasa, 19 September 2023.

Kata Kaesang, dia terus melakukan rebranding terhadap sejumlah bisnisnya. Menurut Kaesang, ini sebagai upaya mengikuti perkembangan zaman yang cepat berubah. Adapun bisnis Kaesang yang sudah melakukan rebranding adalah Sang Pisang dan Yang Ayam.

Sedangkan kopinya yang bernama Ternakopi belum melakukan rebranding karena membutuhkan persiapan yang memakan waktu lama. Kaesang menjelaskan, Ternakopi berfokus dengan strategi business-to-business atau B2B.

Lalu Apa saja Bisnis Kaesang Tersebut

1. Sang Pisang
Daftar bisnis Kaesang yang pertama adalah Sang Pisang. Produk dari bisnis ini menawarkan jajanan manis berbahan baku pisang yang diolah menjadi nugget. Gerai pertamanya dibuka pada November 2017 lalu dan telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia hingga Malaysia. Beberapa waktu lalu, Sang Pisang melakukan rebranding pada salah satu gerainya yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.

2. iColor
iColor adalah bisnis Kaesang yang bergerak di bidang jasa perbaikan (service) produk buatan Apple, seperti Macbook, iPhone, iMac, dan iPad. Selain itu, usaha yang telah beroperasi sejak 2010 itu juga menjual suku cadang barang elektroniknya.

3. MangkokKu
Ini adalah bisnis yang Kaesang bangun dengan berkolaborasi bersama koki profesional, Arnold Poernomo. Adapun produk usaha yang dihasilkan adalah berupa makanan berkemasan mangkok atau rice bowl. Menu unggulannya adalah nasi dengan berbagai macam lauk pauk bercita rasa Nusantara.

4. Tugas Negara Bos
Selain kuliner, lulusan Singapore University of Social Sciences itu juga membuka usaha konveksi yang berkonsentrasi pada produksi jas hujan dan kaos. Bisnis sampingan yang mulai digarap pada 2017 bersama teman-temannya itu, diberi nama Tugas Negara Bos. Penjualan produknya sendiri menggunakan layanan e-commerce, seperti Tokopedia.

5. Markobar
Di antara beberapa bisnisnya, Markobar adalah bisnis Kaesang yang paling populer hingga saat ini. Nama Markobar sendiri berasal dari singkatan Martabak Kotta Barat yang telah eksis sejak 1996. Seperti namanya, bisnis ini menjual produk makanan berupa martabak yang memiliki berbagai jenis topping.

6. Kerjaholic
Kerjaholic adalah aplikasi khusus pencari kerja untuk membantu lulusan baru (fresh graduate) yang ingin membangun relasi dengan pekerja berpengalaman. Sayangnya, penggunaan platform tersebut hanya terbatas untuk wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

7. Let’s Toast
Sesuai dengan namanya, Let’s Toast mengandalkan penjualan produk roti bakar. Tidak hanya makanan, gerai yang cocok untuk nongkrong bersama teman-teman tersebut juga menyediakan minuman pendamping, seperti kopi dan susu.

8. Enigma Camp
Enigma Camp merupakan penyedia jasa pelatihan di bidang pengembangan ilmu IT dan pemrograman komputer. Meski menawarkan ilmu tentang teknologi, biaya yang dipatok diklaim terjangkau agar dapat dinikmati semua kalangan.

9. Hompimpa Games
Hompimpa Games adalah salah satu daftar bisnis Kaesang Pangarep. Bisnis ini dibangun Kaesang bersama Erwin Skripsiadi untuk mengeluarkan produk kartu serupa permainan monopoli. Untuk mendapatkannya, pembeli harus menyiapkan uang sebesar ratusan ribu rupiah.

10. Chili Pari
Chili Pari adalah usaha kuliner yang diluncurkan pada Desember 2010 lalu yang menyediakan layanan catering untuk berbagai acara. Menu masakan yang disajikan berfokus pada resep makanan tradisional Jawa. Bisnis itu juga merupakan hasil kerja sama dengan sang kakak sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

11. TernaKopi
Seperti namanya, bisnis Kaesang Pangarep berikut ini fokus dengan menjajakan minuman kekinian berbahan dasar kopi. Bersama dengan putra sulung Presiden Jokowi, yaitu Gibran, ia merilis TernaKopi pada April 2019. Sayangnya, usaha minuman milik Kaesang ini sedang ditutup sementara dan direncanakan akan melakukan rebranding.

12. Truz Official
Truz Official adalah bisnis Kaesang yang bergerak di sektor mode atau fashion. Bisnis ini menawarkan produk pakaian berupa hoodie dan kaos bertema skaters.

13. Ternak Lele
Selain dunia kuliner dan konveksi, Kaesang juga melebarkan sayap bisnisnya ke dunia peternakan dan perikanan. Dia mulai merintis usaha ternak lele sejak Februari 2019.

14. Aplikasi Madhang
Aplikasi besutan suami Erina Gudono bersama Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini berperan sebagai penghubung antara usaha kuliner rumahan dengan pembeli. Aplikasi berbasis Android itu dirilis pertama kali pada Desember 2017 lalu. Namun, bisnis ini tampaknya telah gulung tikar karena media sosial Instagramnya yang sudah tidak beroperasi sejak 2020 lalu.

15. Sang Javas
Selain Tugas Negara Bos dan Truz Official, putra bungsu Presiden Jokowi tersebut juga membangun usaha konveksi lain yang bernama Sang Javas. Uniknya, bisnis yang berdiri sejak Agustus 2017 lalu itu menyebut pelanggannya dengan sebutan ‘Kecebong’. Tetapi, apabila melihat pada media sosial Instagramnya, bisnis ini sudah tidak lagi aktif sejak 2020.

16. Siapmas
Sejak Agustus 2019, Kaesang bersama Gibran melebarkan usahanya dengan membangun bisnis pembuatan makanan ringan. Makanan dan minuman ringan yang ditawarkan hadir dengan berbagai merek yang berbeda, seperti Kemripik, Ngedrink, serta Pik Kripik.

17. Goola
Daftar bisnis Kaesang yang selanjutnya adalah Goola. Salah satu usaha yang dibangun bersama Gibran ini bergerak di bidang kuliner dengan menjual minuman tradisional khas Indonesia. Hanya saja, agar lebih menarik minat anak muda, kemasannya dibuat lebih modern. Sayangnya, bisnis ini tampaknya sudah tidak berjalan sejak November 2020.

Sumber : Twitter/Detik/Tempo.co
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News