Jelang Ramadhan, Polres Pasaman Barat Bersama TNI Gelar Cooling System di Pasar Tradisional

Polres Pasaman Barat Bersama TNI Gelar Cooling System di Pasar Tradisional
Polres Pasaman Barat bersama TNI menggelar cooling system di Pasar Tradisional (dok humas polres pasaman barat)
HARRIS BARELANG

PASAMAN BARAT – Polres Pasaman Barat Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kegiatan cooling system untuk mengamplifikasi harga sembako menjelang bulan suci Ramadan 1445 H di pasar tradisional. Kegiatan ini melibatkan Polres Pasaman Barat, unsur TNI Kodim 0305/Pasaman, dan Instansi Pemerintah Daerah Pasaman Barat.

Pada Senin (4/3/2024), Polres Pasaman Barat bersama-sama menyambangi para pedagang dan konsumen di beberapa pasar tradisional di wilayah Pasaman Barat.

BACA JUGA: Ketua DPRD Dukung Kaesang Pangarep sebagai Calon Bupati Anambas 2024

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan cooling system ini adalah untuk memonitor dan mengecek harga pangan (sembako) di pasar tradisional menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H.

Menurut AKBP Agung Tribawanto, hasil pengecekan menunjukkan bahwa secara umum harga bahan pokok sembako seperti beras, gula, dan minyak goreng masih dalam kondisi normal. Namun, untuk stok beras, masih mengandalkan produksi dari luar Pasaman Barat maupun dari Kabupaten Pasaman Barat.

BACA JUGA: Kronologis Tim Bea Cukai Amankan Mikol Senilai Rp4,59 M di Kawasan Buana Central Park Batam

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako yang bisa terjadi karena praktik penimbunan oleh para distributor. Polres Pasaman Barat ingin memastikan ketersediaan sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat di Pasaman Barat.

Sebagai bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Polres Pasaman Barat berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pasaman Barat, Perum Bulog Sub Divre Bukittinggi, TNI, dan Polri.

Mereka menyalurkan beras SPHP sebanyak tiga Ton di Nagari Bancah Kariang, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Langkah ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan menjaga stabilitas harga menjelang momen penting bagi umat Islam tersebut. (taufik)

Sumber: humas polres pasaman barat

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG