Pemain Abroad Timnas Indonesia U-23 Bersiap Bergabung untuk Piala Asia U-23 2024 Qatar

Pemain Abroad Timnas Indonesia U-23 Bersiap Bergabung untuk Piala Asia U-23 2024 Qatar
Hampir sebagian besar pemain abroad bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 Piala AsiaU-23 Qatar (dok pssi)
HARRIS BARELANG

JAKARTA – Menjelang Piala Asia U-23 2024 di Qatar, para pemain abroad Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan untuk bergabung dengan tim dalam sesi latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (8/4/2024).

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, mengungkapkan hal ini kepada media saat berada di Lapangan Latihan Jakarta International Stadium pada Minggu (31/3/2024).

“Pemain yang berada di luar negeri dijadwalkan akan bergabung pada tanggal 8 April,” ungkap Nova Arianto.

Para pemain abroad yang diharapkan untuk menyusul bergabung dalam TC di Dubai merupakan mereka yang sebelumnya telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia senior.

Mereka terdiri dari para pemain yang berkarier di Eropa dan Asia. Seperti Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, dan Pratama Arhan.

Nova menjelaskan bahwa tidak ada pemain baru dari luar negeri yang akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, termasuk isu mengenai bergabungnya Cyrus Margono.

“Tidak ada sama sekali. Hampir semua pemain yang pernah dipanggil oleh pelatih Shin. Cyrus (Margono) belum,” terang Nova.

Nova juga menjelaskan bahwa pemanggilan para pemain abroad yang datang terlambat. Alasannya karena masih menunggu izin dari klub mereka di luar negeri.

“Proses perizinan dari klub luar negeri masih berjalan. Beberapa pemain bisa, tetapi beberapa lainnya tidak. Update mengenai kesiapan mereka akan diberikan nanti,” tambahnya.

Piala Asia U-23 2024 di Qatar bukan merupakan agenda FIFA. Sehingga beberapa klub luar negeri memilih untuk tidak melepas pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Sebagai respons, PSSI telah memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 Indonesia hingga Piala Asia U-23 2024 selesai, mulai dari pekan ke-31 Liga 1.

Keputusan tersebut diambil untuk mengatasi masalah pelepasan pemain Liga 1 yang sempat ditolak oleh beberapa klub. Diantaranya Borneo FC, Persija Jakarta, dan PSS Sleman. (*)

Sumber: tvone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG