Antusiasme Murid SDN 02 Guguak Malintang dalam Pesantren Ramadhan Hari Ke-11

Antusiasme Murid SDN 02 Guguak Malintang dalam Pesantren Ramadhan Hari Ke-11
Murid SDN 02 Guguak Malintang serius mendengar pembelajaran dariguru dalam Pesantren Ramadhan (taufik)
HARRIS BARELANG

PASAMAN – Dalam upaya memberikan pemahaman yang penting tentang ilmu keagamaan kepada peserta didik, terutama di bulan penuh berkah Ramadan, keluarga besar SDN 02 Guguak Malintang menggelar kegiatan pesantren Ramadan yang ke-11 pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Meskipun pesantren Ramadan sudah memasuki hari ke-11, murid dari kelas 3 hingga kelas 6 tetap menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 16 Maret hingga 4 April 2024, melibatkan sekitar 70 orang siswa.

Kepala sekolah SDN 02 Guguak Malintang, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Citra Efendi, S.Pd, menyatakan bahwa meskipun sudah memasuki hari ke-11, para murid tetap menunjukkan semangat yang tinggi dengan tingkat kehadiran mencapai 90 persen.

“Seharusnya hari ini Sabtu terakhir pelaksanaan pesantren Ramadhan.Karena penyambutan menteri pariwisata ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ke Equator Bonjol, maka acara tetap dilaksanakan Senin. Sedangkan untuk Selasa dan Rabu barulah dilaksanakan lomba,” ucap Citra Efendi,S.Pd kepada wartawan di ruangannya.

Lalu hari Kamis, lanjut Citra, pemberian hadiah lomba bagi peserta didik yang menjadi pemenang dibagi masing-masing yakni kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.

Setelah itu bagi pemenang juara perkelas ini lah yang diumumkan sebagai pemenang lomba tersebut.

“Untuk lomba tersebut diantaranya hafalan Al-Qur’an, Tahfiz jus 30 dan shalat jenazah anak didik membawa perlengkapan ibadah termasuk mukenah, Al-Qur’an untuk mulai pertama shalat Dhuha, absen, tadarus, hafalan ayat,” ujar Citra Efendi.

Jumlah murid secara keseluruhan yang di SDN 02 Guguak Malintang sebanyak 140 mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Kemudian untuk kegiatan pesantren ramadhan tersebut, hanya melibatkan kelas 3,4,5 dan 6

“Kehadiran para murid dalam kegiatan pesantren ramadhan sangat luar biasa mencapai 90 persen. Sebab ada reward bagi yang rajin hadir pesantren ramadhan. Nah bisa jadi membuat semangat para murid hadir,” ungkap Citra Efendi.

Kepsek berharap agar kedepannya, kalau bisa pertahankan kegiatan positif yang bersifat mendidik. Para guru diminta untuk berperan aktif dalam mendidik anak supaya paham makna ramadhan sesungguhnya. Agar ada perubahan misalnya anak semakin bertambah ilmu agamanya, buah ramadhan dapat dengan memperbanyak pahala.(Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG