Baznas Tanggap Bencana Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir Bandang di Sumatera Barat

Baznas Tanggap Bencana Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir Bandang di Sumatera Barat
Baznas Tanggap Bencana mendirikan dapur umum di lokasi bencana Sumbar (dok baznas)

PADANG – Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) telah mendirikan dapur umum di sejumlah titik guna membantu korban banjir bandang yang melanda Sumatera Barat (Sumbar). Upaya ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan dasar korban banjir terpenuhi.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, mengungkapkan bahwa dapur umum menyediakan lebih dari 1.000 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah, seperti Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, dan Koto Tuo.

BACA JUGA: BNPB: Korban Meninggal Akibat Banjir Bandang di Sumatera Barat Menjadi 67 Orang

PKP EXPO

Selain itu, BTB juga aktif dalam pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua.

BTB juga mendirikan dapur air di Kampung Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam. Mereka ingin memastikan tersedianya air bersih bagi masyarakat setempat.

“Beberapa aksi yang dilakukan tim BTB untuk membantu korban banjir mulai dari evakuasi, penyediaan layanan dapur air, dapur umum hingga layanan Ruang Ramah BAZNAS di wilayah Sumatera Barat,” ujar Saidah dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5/2024).

BACA JUGA: Indosat Ooredoo Hutchison Salurkan Bantuan ke Korban Bencana di Sumbar

Sejak banjir melanda Sumatera Barat, Baznas telah berupaya maksimal untuk mengevakuasi warga terdampak.

Banjir bandang ini telah mengganggu berbagai aspek kehidupan masyarakat. Baznas berkomitmen untuk memberikan pendampingan agar korban dapat bangkit dan kembali menjalani kehidupan normal.

BACA JUGA: Pakar Geologi Ingatkan Warga Sumbar Tentang Bahaya Material Lahar Dingin Masih Banyak Menumpuk di Lereng Gunung Marapi

“Kami terus berupaya mendampingi para korban terdampak agar bisa bersama bangkit dan hidup normal seperti semula,” tutup Saidah.

Dengan tindakan cepat dan terkoordinasi ini, Baznas berusaha memastikan bahwa bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para korban banjir bandang di Sumatera Barat. (*)

# baznas tanggap bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24