Kemenag Rekrut 110.553 Calon ASN 2024, Rekor Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kemenag Rekrut 110.553 Calon ASN 2024, Rekor Terbanyak Sepanjang Sejarah
Kemenag buka lowongan kerja, calon ASN 2024, terbanyak dalam sejarah (ilustrasi)

BATAM – Kementerian Agama (Kemenag) mencatat sejarah baru dalam rekrutmen pegawai dengan membuka 110.553 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2024.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani, menyatakan bahwa formasi ini terdiri dari 20.772 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 89.781 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kita berbahagia dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh negara, khususnya Presiden Joko Widodo, yang menempatkan formasi CASN terbanyak dalam sepanjang sejarah Kementerian Agama,” ujar Ali Ramdhani.

PKP EXPO

Formasi CPNS mencakup 6.992 formasi tenaga guru dan 13.780 formasi tenaga teknis. Sedangkan, formasi PPPK terdiri dari 19.437 formasi tenaga guru, 502 formasi tenaga kesehatan, dan 69.842 formasi tenaga teknis.

Seluruh formasi ini akan disebar ke berbagai wilayah pusat dan daerah, di 10.462 satuan kerja dan unit pelaksana (satker) Kemenag.

Ali Ramdhani menegaskan bahwa tantangan sekaligus peluang bagi Kemenag dengan jumlah aparat yang besar ini adalah memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Kekuatan aparat besar tentu merupakan sebuah tantangan dan peluang bagi Kementerian Agama untuk terus hadir di tengah masyarakat memberikan layanan terbaik. Layanan dasar seperti bimbingan masyarakat agama, layanan haji, layanan pendidikan agama dan keagamaan, layanan produk halal. Serta layanan-layanan dasar lainnya harus dijamin dan dirasakan manfaatnya oleh umat,” jelasnya.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, Wawan Djunaedi, menjelaskan sebaran pembagian formasi CASN 2024.

“Formasi untuk penempatan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kita alokasikan sebanyak 10% dari total formasi CASN. Juga 10% formasi digital talent sebagaimana arahan Presiden kepada para Menteri,” ungkap Wawan.

Selain itu, ada formasi khusus yang dialokasikan untuk putra-putri Papua, putra-putri Papua Barat, dan putra-putri Kalimantan Timur, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan yang lebih merata bagi seluruh anak bangsa.

Dengan formasi yang besar dan beragam, Kemenag berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas di berbagai bidang. (*/den)

Sumber: cnbcindonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24