Jokowi Resmikan Pabrik Sel Baterai EV Terbesar di Asia Tenggara, Dorong Indonesia Jadi Pemain Global Industri Kendaraan Listrik

pabrik sel baterai EV

JAKARTA -Presiden Joko Widodo mengukuhkan Indonesia sebagai pemain utama dalam industri kendaraan listrik dengan meresmikan pabrik sel baterai EV terbesar di Asia Tenggara.

Langkah ini menandai komitmen kuat Indonesia untuk menjadi bagian integral dalam rantai pasok global kendaraan listrik, didukung oleh sumber daya alam yang melimpah seperti nikel, bauksit, dan tembaga.

“Dengan adanya smelter dan pabrik sel baterai kendaraan listrik, kita siap menjadi pemain global dalam supply chain kendaraan listrik,” ujar Jokowi dalam acara peresmian hari ini.

Pabrik ini, hasil investasi besar senilai Rp 160 triliun oleh konsorsium Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, dirancang untuk membentuk ekosistem industri kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia.

KPU KEPRI

Sebelumnya, Hyundai juga telah menginvestasikan Rp 20 triliun untuk pabrik mobilnya di Indonesia.

“Peresmian ini menandai peningkatan hubungan antara Republik Korea dan Indonesia. Dengan mengucapkan Bismillah, saya resmikan pabrik dan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia,” tambah Jokowi.

Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung, turut hadir dan menyatakan komitmennya terhadap masa depan industri otomotif di Indonesia.

“Hari ini kita merayakan produksi Kona Electric di sini. Saya bangga Kona Electric buatan Indonesia ini menggunakan baterai produksi dalam negeri. Ini adalah bukti kerja sama antara Hyundai dan LG Energy Solution,” ujar Chairman Chung.

Dengan peresmian ini, Indonesia tidak hanya menjadi pusat produksi kendaraan listrik tetapi juga menjadi standar bagi kawasan Asia Tenggara.

Langkah ini diharapkan akan membuka peluang baru dalam ekonomi dan pasar otomotif di kawasan yang memiliki lebih dari 700 juta potensi pelanggan.

Dengan target produksi kendaraan listrik mencapai 600 ribu unit hingga tahun 2030, Jokowi optimis bahwa Indonesia, dengan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, akan menjadi pemimpin regional dalam industri kendaraan listrik.

Seremoni peresmian juga ditandai dengan penekanan sel baterai ke dalam modul, penandatanganan prasasti peresmian PT HLI Green Power dan PT Hyundai Energy Indonesia, serta penandatanganan kap mobil Kona Electric sebagai simbol dimulainya produksi mobil listrik di pabrik Hyundai di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO