Pesta Gol 5-0 ke Gawang Vietnam, Timnas U-16 Indonesia Juara Ketiga

Timnas U-16 Indonesia
Pesta Gol 5-0 ke Gawang Vietnam, Timnas U16 Indonesia Juara Ketiga

PIALA AFF – Timnas U-16 Indonesia berpesta gol ke gawang Vietnam dalam laga perebutan peringkat ketiga ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16 2024, Rabu, 3 Juli. Duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo itu berakhir dengan skor 5-0.

FT: Vietnam U16 0-5 Indonesia U16

Berpesta #TimnasDay

KPU KEPRI

Pencetak gol:
⚽ 45′ Zahaby Gholy
⚽ 45+4′ Dafa Zaidan
⚽ 75′ Daniel Alfrido
⚽ 78′ Zahaby Gholy
⚽ 82′ Danil Alfrido

Muhammad Zahaby Gholy dan Daniel Alfrido menjadi bintang kemenangan Pasukan Merah Putih dengan masing-masing mencetak dua gol. Sementara satu gol lainnya diciptakan Dafa Zaidan.

Dengan hasil ini, Garuda Muda berhasil finis di peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Tim asuhan Nova Arianto mengulang pencapaian pada edisi 2002 dan 2019.

Timnas U-16 Indonesia selanjutnya akan berjuang dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang digelar di Surabaya mulai 19-27 Oktober 2024. Pasukan Garuda tergabung dalam grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Babak Pertama

Peluang emas pertama Timnas U-16 Indonesia tercipta pada menit awal babak pertama. Tendangan salto Andi Faith Jamaludin yang menerima bola liar dari sepak pojok Fandi Ahmad masih bisa ditangkap kiper Xoa Hua Tin.

Memasuki menit ke-20 pertandingan babak pertama, permainan berjalan dengan tempo yang cukup lambat. Garuda Muda mendominasi dengan unggul 62 persen penguasaan bola, namun mereka masih kesulitan menembus area sepertiga akhir Vietnam.

Vietnam mengancam gawang Indonesia pada menit ke-27. Buiy Duy Dang melakukan akselerasi dari sisi kanan, lalu melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis Dafa Al Gasemi, bola liar disambut tendangan Nguyen Thai Hieu, tetapi barisan pertahanan Tim Merah Putih begitu disiplin untuk menghalaunya.

Muhammad Zahaby Gholy membuat peluang emas kedua untuk Timnas U-16 Indonesia pada menit ke-36. Ia melepaskan tendang bebas dari sisi kanan pertahanan Vietnam, tetapi bola berhasil ditepis kiper Xoa Huan Tin.

BACA JUGA Timnas U-16 Indonesia Gagal ke Final Piala AFF, Erick Thohir Apresiasi Perjuangan Pemain

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta melalui kaki Muhammad Zahaby Gholy pada menit ke-45+1. Umpan terobosan Fandi Ahmad berhasil diselesaikan dengan gemilang oleh penyerang asal klub Persija Jakarta itu dengan apik.

Dafa Zaidan menambah keunggulan Timnas U-16 Indonesia pada menit ke-45+4. Ia melepaskan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti usai menerima umpan sodoran dari Josh Holong. Skor 2-0 untuk keunggulan Timnas U-16 Indonesia bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Unggul dua gol tak membuat Timnas U-16 Indonesia mengendurkan serangan. Nova Arianto memasukkan dua pemain bertipikal menyerang, Mierza Firjatullah dan Daniel Alfrido untuk menggantikan Fandi Ahmad dan Josh Holong.

Garuda Muda pun semakin mendominasi jalannya pertandingan dengan unggul 52 persen penguasaan bola. Para pemain Vietnam tampak frustrasi dengan mulai bermain keras dan memprovokasi Pasukan Merah Putih. Namun, anak asuh Nova Arianto mampu menjaga konsentrasinya untuk tetap fokus pada permainan.

Hasilnya, Daniel Alfrido menambah keunggulan Timnas U-16 Indonesia pada menit ke-75. Ia mencuri bola dari kesalahan umpa bek Vietnam. Ia meliuk-liuk di kotak penalti dan melepaskan tendangan mendatar yang tak merobek gawang Vietnam.

Timnas U-16 Indonesia semakin menjauh dari kejaran Vietnam. Zahaby Gholy mencatatkan namanya di papan skor untuk yang kedua kalinya. Berawal dari akselerasi Mierza Firjatullah di sisi kiri, dia lalu melepaskan umpan cutback yang disambut Gholy.

Garuda Muda menggila. Mierza Firjatullah lagi-lagi menjadi aktor di balik terciptanya gol kelima Timnas U-16 Indonesia pada menit ke-82. Akselerasinya membelah pertahanan Vietnam, dia lalu melepaskan umpan ke sisi kiri yang disambut tendangan Daniel Alfrido. Skor sementara 5-0. (*)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO