Timnas U-16 Indonesia Gagal ke Final Piala AFF, Erick Thohir Apresiasi Perjuangan Pemain

Timnas U-16 Indonesia Gagal ke Final Piala AFF, Erick Thohir Apresiasi Perjuangan Pemain
Walau kalah 3-5 dari Australia, Erick Thohir tetap apresiasi perjuangan Timnas U-16 Indonesia di ASEAN Cup U-16 2024 (pssi)

BATAM – Timnas U-16 Indonesia gagal melaju ke final Piala AFF U-16 2024 setelah kalah dengan skor 3-5 dari Australia dalam laga semifinal yang digelar di Stadion Manahan Solo pada Senin, 1 Juli. Meski demikian, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi perjuangan para pemain.

Erick Thohir menilai para pemain Timnas U-16 Indonesia telah bermain dengan baik dan mampu mencetak tiga gol ke gawang Australia.

“Saya rasa pemain kita bermain baik, kenapa bermain baik, kita bermain dengan 10 pemain dari babak pertama menit ke-28, dan kita bisa mencetak dua gol,” ujar Erick di Lobi Stadion Manahan Solo seusai menyaksikan pertandingan.

KPU KEPRI

Erick juga menyoroti semangat juang yang ditunjukkan oleh para pemain. “Kalah, tapi kita bermain baik dan bisa mencetak dua gol. Di situ ada fighting spirit. Jadi kalau kita dibilang kalah sama mereka, tidak,” kata Erick.

Erick juga mengkritik selebrasi Timnas U-16 Australia yang dinilainya berlebihan. “Tetapi kenapa mereka selebrasi berlebihan sama kita, karena mereka U-23-nya kalah sama kita. Karena kalah malu, sekarang balas,” ucap Erick.

Erick telah meminta kepada para pemain agar tidak perlu ada yang menangis serta menundukkan kepala. Ia memastikan Indonesia bakal membalas Australia saat kualifikasi AFC U-17 pada Oktober mendatang.

“Saya bilang pada pemain, tidak ada yang menundukkan kepala. Tidak ada yang nangis. Nanti Oktober kita ketemu Australia (di AFC U-17), kita sikat mereka. Kita bangsa besar tidak perlu takut pada mereka,” katanya seperti dilansir tempo, Selasa (2/7/2024).

Untuk persiapan menghadapi kualifikasi AFC U-17 pada Oktober, Erick memastikan akan mempersiapkan tim dengan baik, termasuk melalui pemusatan latihan atau training center (TC).

“Masih ada 3 bulan, kami akan mempersiapkan dengan baik. Ada TC dan kita akan coba bermain baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Erick mengungkapkan ada tiga hingga empat pemain Timnas U-16 yang akan menjadi pelapis U-20. Erick juga akan memotivasi timnas senior yang juga bakal berhadapan dengan Australia pada September dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Tim senior juga September tampil. Saya akan bilang, lihat deh junior kalian dilecehkan (Australia), nah kita fighting sama mereka,” kata dia. (*/den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO