Pembangunan Infrastruktur IKN Dikebut Jelang HUT RI ke-79: Jokowi Tunda Pindah Kantor

Pembangunan Infrastruktur IKN Dikebut Jelang HUT RI ke-79: Jokowi Tunda Pindah Kanto
Pembangunan IKN terus dikebut, namun proyek molor, sehingga Presiden Jokowi batal pindah bulan Juli ini (suara)

BATAM – Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024. Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, menyatakan bahwa sejumlah proyek bangunan ditargetkan rampung pada Juli ini.

“Kantor Presiden, Kawasan Istana Presiden, area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, dan Beranda Nusantara diharapkan selesai bulan ini,” kata Danis, dilansir dari Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan optimisme akan berkantor di IKN antara akhir Juni atau awal Juli 2024. Namun, rencana tersebut ditunda karena ketidaksiapan fasilitas dasar. Jokowi menegaskan bahwa kepindahan akan dilakukan saat fasilitas dasar seperti listrik dan air bersih sudah tersedia.

KPU KEPRI

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” ujarnya di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Jokowi menerima laporan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai kemajuan pembangunan di IKN, namun kesiapan air bersih dan listrik masih belum rampung.

“Sudah dapat laporan dari Kementerian PUPR, tapi belum siap,” tegasnya.

Fasilitas Air Minum Masuk IKN Mulai 15 Juli 2024

Terpisah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa air minum rencananya akan masuk ke kawasan IKN mulai 15 Juli 2024.

“15 Juli ini rencananya air minum sudah bisa masuk ke IKN. Nanti tanggal 19 (Juli) saya akan cek ke sana,” ungkap Basuki, seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/7/2024).

Basuki menambahkan bahwa sarana dan prasarana untuk upacara 17 Agustus di IKN berjalan sesuai dengan target yang ditentukan. Pembangunan Istana Presiden dan kantor-kantor Menteri Perekonomian yang terdiri dari empat tower dipastikan selesai pada bulan ini. Selain itu, beberapa perumahan untuk para menteri juga diharapkan selesai pada bulan ini.

“Mudah-mudahan akan selesai Juli ini. Besok Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) sudah di sana dengan Ibu, mengecek rumahnya,” tuturnya.

Total 47 tower untuk tempat tinggal Aparatur Sipil Nasional (ASN) telah disiapkan, dengan 12 tower di antaranya berperabot, sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta upacara.

“Jadi intinya insyaallah prasarana untuk kesiapan 17 Agustus sudah siap,” kata Basuki.

Pembangunan Akan Dihentikan Sementara

Basuki melanjutkan bahwa sebagian pekerjaan pembangunan di IKN akan dihentikan sementara pada 10 Agustus 2024. Penghentian ini bertujuan untuk membersihkan kawasan sebelum upacara HUT RI pada 17 Agustus mendatang.

“Makanya 10 Agustus, saya hentikan semua pekerjaan yang membutuhkan mobilitas di luar patching plan segera berhenti, karena saya bersihkan dulu kawasannya,” ujarnya.

Meski demikian, pekerjaan pemasangan interior atau bagian dalam gedung-gedung masih akan tetap berlanjut.

Keppres IKN Bisa Terbit Setelah Jokowi Lengser

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya belum dapat memastikan kapan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN akan terbit.

Berdasarkan Pasal 39 UU IKN, DKI Jakarta tetap sebagai ibu kota negara sampai dengan terbitnya Keppres pemindahan ibu kota negara ke Nusantara. Keppres pemindahan ibu kota bisa saja terbit sebelum atau setelah Oktober 2024, saat Jokowi sudah tidak lagi menjadi presiden.

“Kita melihat situasi lapangan. Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang memang belum siap, semua dilihat dari progres lapangannya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO