Media Update dan Bukber Ramadhan di Batam, Indosat Kenalkan Marbotpreneurs

Media Update dan Bukber Ramadhan di Batam, Indosat Kenalkan Marbotpreneurs
Media Update dan Bukber Ramadhan di Batam, Indosat Kenalkan Marbotpreneurs

HARRIS BATAM

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pada Ramadhan dan Idul Fitri 2025 ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah memastikan kualitas jaringan tetap optimal di Provinsi Kepri. Dan, pada Ramadhan ini, Indosat juga memilii program mitra usaha untuk marbot masjid yang diberi nama Marbotpreneurs.

Dan, terkait kualitias jaringan Indosat yang saat ini memiliki brand IM3 dan Tri telah mengantisipasi lonjakan pengguna di daerah daerah tujuan mudik seperti di Kapaten Karimun, Bintan dan Kota Tanjungpinang.

“Saat Lebaran, Batam biasanya lebih sepi karena banyak warganya mudik atau berkunjung ke Pulau Bintan dan Pulau Karimun. Akibatnya, jumlah pengguna di dua daerah tersebut meningkat signifikan. Kami mengantisipasi hal ini agar jaringan tetap stabil dan tidak mengalami gangguan seperti lelet atau kredit,” ujar Moh. Ali Safitri, SVP Head of Region Central Sumatera Indosat, dalam acara Media Update dan Bukber Ramadhan dengan media media di Kota Batam di Hotel Santika Batam, Selasa 18 Maret 2025.

Ali Safitri juga mengungkapkan bahwa sejak awal Ramadan, penggunaan jaringan Indosat meningkat drastis, terutama pada dini hari.

” Peningkatan penggunaan pada jam 3 dini hari mulai meningkat selama Ramadhan ini. Seperti bermain game atau mengakses media sosial sambil menunggu sahur. Apalagi anak-anak sudah mulai libur, sehingga durasi penggunaan internet semakin panjang,” jelasnya.

Indosat Marbotpreneurs

Sebelumnya, Indosat pada Ramadhan 2025 ini juga membuat program Marbotpreneur yang memberi kesempatan dan berdayakan marbot-marbot masjid di Sumatera menjadi mitra usaha Indosat.

SVP – Head of Corporate Communication Indosat Coredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan program Marbotpreneurs sudah dilaksanakan di 58 titik di Indonesia, termasuk di wilayah Sumatera bagian tengah yaitu Padang, Dumai, Pariaman, Batam, Jambi, Pekanbaru.

“Tidak cuma kasih modal bikin warung, jualan produk im3, tapi juga dilatih agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu kami ajak marbot untuk berbisnis,” kata Steve.

Dalam pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Indosat turut bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk dapat menyalurkan bantuan dan pelatihan yang lebih tepat sasaran.

“CSR Ramadhan kami mengenai marbot. Mereka rata-rata tidak di gaji UMR, tidak dapat seperti karyawan, tapi mereka pula yang memastikan kebersihan masjid, mempersiapan segala sesuatunya di masjid. Inilah yang menggerakkan hati kami untuk memberdayakan marbot-marbot yang ada di Indonesia,” kata dia.

Steve berharap dengan adanya Marbotpreneurs, dapat membuat para marbot bisa berkesinambungan dalam menjalankan bisnisnya.

Dan, untuk Marbot yang mendapat program dari Indosat ini kriterianya adalah marbot telah berkeluarga dan terutama marbot yang ada usaha tau berbentuk koperasi di area sekitar masjid.

Peningkatan Lonjakan Trafik

Ditempat yang sama AVP Head of Technology dan FTTH Cent Dept Central Sumatra, Jacky Epesus Pratama memaparkan Indosat Ooredoo Hutchison memprediksi lonjakan trafik data nasional tertinggi mencapai 15 persen di momen lebaran 2025 jika dibandingkan rata-rata harian.

Peningkatan ini, dipicu peningkatan mobilitas masyarakat pada men tersebut. Untuk itu, kebutuhan koneksi stabil untuk panggilan, pesan, dan akses internet pun ikut meningkat.

Dan, guna mengantisipasi lonjakan tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan melalui optimalisasi base transceiver station (BTS), Mobile BTS, serta pemantauan trafik secara real-time.

Untuk Existing jaringan di wilayah Sumatera ada 3.701 sites yang tersebar mulai dari Provisi Riau, Kepri, Jambi hingga Sumatera Barat. Sehingga bisa kami pastikan bahwa pelanggan Indosat dapat menikmati layanan yang stabil dan berkualitas.

Untuk optimalisasi jaringan, Indosat di 36 titik keramaian ditingkatkan, mulai dari Alun-alun, terminal, bandara, stasiun, Pelabuhan hingga tempat-tempat perbelanjaan dan Kawasan wisata.

Untuk memastikan layanan tetap optimal, IOH melakukan berbagai peningkatan, termasuk 28 persen RAN Upgrade di Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Barat. Mobile BTS tambahan untuk memperkuat koneksi di titik-titik strategis. 25 persen sites baru di Central Sumatra.(*)

@wartakepri.co.id KENALKAN MARBOTPRENEUR, INDOSAT GELAR MEDIA UPDATE RAMADHAN, BATAM 18 MARET 2025 #wartakepritv #bukapuasa #batam #indosatooredoohutchison #indosatbatam #JelajahRamadan #indosat ♬ suara asli – WartaKepri.co.id

Editor : Dedy Suwadha

Google News WartaKepri