15 Januari 2016, Jembatan 1 Barelang Berumur 18 Tahun

PKP Online

Pengerjaan Jembatan 1 Barelang Batam

BATAM, WARTA KEPRI.CO.ID – ‎Tahukah Anda, tanggal 15 Januari 2016, Jembatan 1 Barelang tepat berumur 18 tahun. Tepatnya,  pada 15 Jan 1998 adalah tanggal Jembatan 1 selesai di bangun dan sekarang jadi icon land mark Kota Batam.
 
Informasi dai Humas BP Batam, Andi Antono menjelaskan singkat spesifik ‎ Jembatan 1 tersebut. ‎Berikut penjelasannya, dimulai dari pondasi memiliki prestasi teknis pada pelaksanaan Loading Test Tiang Pondasi sistem “Reaction Pile Test” beban 2200 ton, dan pernah tercatat sebagai yang terbesar di Indonesia.
 Konstruksi kaki pylon, salah satu segmennya tercapai “cycle time” menakjubkan, yakni 2 hari 19 jam 40 menit (normal dalam 7 hari), dan oleh para enginer pembangunan konstruksi manca negara, diakui sebagai prestasi kelas internasional.
Anchor pipe kepala pylon menuntut presisi tinggi terlaksana dengan lebih cepat dan tepat. ‎Konstruksi lantai jembatan menerapkan 2 sistem metode “traveller dan Shoring”, semula diragukan pihak asing, berakhir dengan terbukti berhasil baik, ditandai dengan “mid span closure” pada tanggal 10 Desember 1997 sebagai pengecoran akhir jembatan  (3 minggu lebih cepat dari rencana).
Prefabrication strand and launching, merupakan hal baru dalam sistem instalasi cable stay di dunia.‎ Pimpinan Bagian Proyek utk pembangunan jembatan 1 Barelang ini adalah Bapak Ir. Asroni Harahap, Msc‎. (swd). Foto hasil repro di facebook.
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel