Benarkah Puncak Gerhana Matahari di Kepri Terlihat Pukul 07.30 WIB

537

Batam, wartakepri.co.id  – Tinggal hitungan 2 Hari dan 12 jam ke depan, masyarakat di seluruh Provinsi Kepri akan dapat melihat Gerhana Matahari pada Rabu tanggal 9 Maret 2016. Walau tidak termasuk garis atau jalur gerhana matahari, masyarakat masih dapat melihat Gerhana Matahari pada waktu pagi hari, walau tidak penuh total.

Menurut Philip Kepala BMKG Bandara Hang Nadim Batam, Gerhana matahari Total tidak akan sepenuhnya bulat terlihat di Provinsi Kepri. Namun, gerhana akan terlihat jelas di seluruh pulau di Kepri.

” Jika melihat rentang waktunya, masyarakat di Kepri bisa melihat proses Gerhana terjadi pada Rabu nanti mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Tapi, khusus untuk di Kepri, puncak atau Gerhana Matahari akan terlihat sekitar pukul 07.40 WIB,”jelas Philip, Minggu (6/3/2016).

Honda Capella

Ditambahkan Philip, untuk potensi akan terjadi hujan atau awan pada Rabu pagi, dapat saja terjadi. Untuk lebih jelas, bisa lihat arah angin dan keberadaan awan di https://hangnadim.kepri.bmkg.go.id/.

Jika memperhatikan laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, angin bergerak dari arah perairan Natuna menuju ke Pulau Sumatera dengan kecepatan 15 knot.

Sementara, posisi awan cumulonimbus (hujan) tidak terlihat di sepanjang perairan Kepri. Maka diprediksi saat Gerhana Matahari nanti dapat dilihat dengan baik, karen kumpulan awan hujan terlihat di wartakepri.co.id wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, pada gambar satelit Minggu (6/3/2016).

Jadi, kalau mau melihat Gerhana Matahari nanti, maka disarankan Anda tidur lebih cepat pada Selasa Malam, atau kalau tidak ingin ketinggalan untuk lihat fenomena 30 tahun lebih sekali ini, yang begadang. (ded/ria)

FANINDO