Alat Pemantau Ladang Minyak Ditemukan Nelayan di Perairan Midai

527

NATUNA, WARTAKEPRI.co.id-Peralatan yang banyak dikembangkan di wilayah Norwegia dan digunakan untuk memantau ladang minyak, ditemukan nelayan di Perairan Midai, Natuna. Alat yang bernama Partnerplast ini ditemukan Aal di sekitar 12 mil lepas pantai Midai sebelah Utara.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, peralatan tersebut dilengkapi dengan sensor aptomar menggunakan definisi tinggi teknologi inframerah dikombinasikan dengan siang hari dan cahaya rendah sensor. Sistem kerja alat tersebut menggunakan tenaga solarcell (tenaga matahari) serta dimungkinkan menggunakan kamera karena penggunaannya dilihat melalui PC Portable.

Camat Midai, Suherman mengatakan warganya yang menemukan alat ini. Begitu melihat alat ini, langsung dilaporkan ke Pos Angkatan Laut (Posal) Midai. Petugas langsung turun dan menarik benda yang kemudian teridentifikasi sebagi Partnerplast itu.

“Pak Aal yang menemukannya pertama kali. Barang itu sekarang berada di bawah kendali AL untuk dilakukan indentifikasi lebih lanjut,” kata Camat Suherman melalui telepon, Ahad (13/3).

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Arif Badrudin membenarkan penemuan alat tersebut. Ia mengaku alat terebut ke Pelabuhan Sabang Mawang, Pulau Tiga, Natuna. Alat tersebut segera dibawa ke Komandi Armada RI Kawasan
Barat (Koarmabar) untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Barangnya dibawa Sabang Mawang dan akan segera kita kirim ke Koarmabar untuk diteliti lebih dalam,” katanya kepada sejumlah wartawan.(ari)

Honda Capella

FANINDO