Membentuk Generasi Berjiwa NKRI Demi Indonesia Maju

51

PERAN pemuda dalam keutuhan NKRI ini sangatlah besar, sehingga segala yang berhubungan dengan kebangsaan harus diperhatikan oleh pemerintah pusat. Kita juga mengetahui bahwa Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini.

Oleh Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa serta keutuhan NKRI.

Lahirnya Indonesia itu karena adanya pemuda. Pemuda yang membawa semangat agar Indonesia tidak dijajah terus oleh bangsa lain, pemuda yang mempunyai tekad kuat agar Indonesia merdeka. Pemuda yang mempunyai cita-cita yang mulia yang ingin menjadikan Indonesia menjadi negara yang merdeka dan maju.

Generasi muda diharapkan kedepannya menjadi peran untuk mengarahkan bela negaranya khususnya untuk menjaga keutuhan NKRI dari ancaman radikalisme dan terorisme serta narkobanisme. Memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi untuk menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI adalah bagian tugas hak dan kewajiban setiap warga negara.

Terkait dengan kesadaran yang harus ditanamkan dalam diri setiap pemuda. Pemuda dituntut untuk memainkan perannya dalam mengisi kemerdekaan, baik itu sebagai agen perubahan, kontrol sosial maupun moral dalam hal pembangunan nasional.

Selain itu, pemuda juga diharapkan dapat bertanggung jawab untuk tetap bisa menjaga pancasila, keutuhan NKRI, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Demi penegakan suatu kepemimpinan yang adil dan yang baik tidak hanya cukup dengan seorang pemimpin semata.

Namun, generasi muda bangsa dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia sangatlah berperan penting dalam menyumbangkan ide-ide serta pikiran yang luar biasa. Pemuda dan mahasiswa merupakan tonggak utama dalam keberhasilan suatu Negara dalam membentuk karakter-karakter pemuda bangsa ini. Pemuda dan mahasiswa mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menjaga serta mengawasi berjalannya pemerintah Negara.

Selain itu pemuda dan mahasiswa juga dijadikan tumpuan masyarakat untuk mengawasi pemerintah dalam menjalankan roda-roda kekuasaannya.

Sebagai mahasiswa dan generasi pemuda penerus bangsa sangat banyak komunitas-komunitas atau kumpulan orang-orang yang masih mempunyai jiwa, semangat, dan ide-ide yang masih segar yang dapat menjadikan NKRI lebih baik lagi.

Mahasiswa juga banyak memiliki pemikiran-pemikiran yang visioner. Maka dari itu sudah saatnya para generasi muda bangun dan bergerak dalam melakukan dalam melawan musuh pembangunan yakni kemiskinan dan korupsi.

Ternyata peran pemuda di era setelah kemerdekaan pun masih sangat diperlukan, pemuda mempunyai fungsi dan peran yang strategis dalam hal pembaharuan dan pembangunan bangsa sehingga perlu dikembangkan potensi dan peran dari pemuda itu sendiri.

Untuk meningkatkan potensi dan peran para pemuda di perlukan kesadaran diri dari individu itu sendiri namun di balik itu negara Indonesia mempunyai peranan tersendiri dalam hal penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan para pemuda. Generasi muda memiliki peran yang sangat vital bagi keberlangsungan negara Indonesia di masa yang akan datang.

Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan semangat juang para pemuda, agar para pemuda tidak terlarut dalam kehidupan yang tidak benar (terutama Narkoba dan premanisme). Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan penyuluhan dan penerapan tentang nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Generasi muda Indonesia tumbuh sesuai semangat perjuangan para pendahulu bangsa. Jika semangat para pemuda telah tumbuh, maka Indonesia akan semakin maju dan dapat bersaing secara global, dengan tidak melupakan identitas bangsa.

Sebagai generasi muda bangsa haruslah memiliki rasa nasionalis terhadap NKRI, harus mempunya ideologi pancasila, dan dapat memahami makna-makna dari sumpah pemuda, pancasila, dan jiwa bernegara. Dengan mengetahui hal ini para generasi muda bangsa dapat memiliki rasa nasionalis yang kuat.

Disamping itu peran pemerintah juga sangat berperan aktif membantu pemuda dan mahasiswa dalam pembentukan karakter agar rasa dan jiwa nasionalis dan patriot dimiliki disemua dada pemuda dan jiwa. Jika nilai sejarah sudah tidak lagi terjaga, bagaimana bisa membangun Indonesia di tengah kerasnya persaingan global?

Dengan demikian, pemuda tidak hanya memiliki tantangan terhadap dirinya sendiri, yaitu melihat dirinya sebagai obyek pembangunan, tetapi tantangan luar yang menghampiri seluruh bangsa.

Kesadaran untuk menjadi subyek sangat perlu dihayati bahwa solusi pengangguran dan berbagai problem lainnya, bisa diselesaikan oleh mereka sendiri. Kemampuan menyelesaikan problem obyektif yang ada diharapkan mampu mengantarkan pemuda untuk tampil menghadapi tantangan yang lebih luas lagi.

“Rakyat Indonesia menjadi rakyat yang pintar bukan rakyat yang bodoh dan lemah yang gampang terpengaruh oleh budaya asing”.(*)
Pedro Permana
Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial Budaya

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND