Sekda Karimun Bertekad Benahi Birokasi Untuk Hadapi MEA

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id , KARIMUN– Sekdakab Karimun TS Arif Fadillah bertekad membenahi birokrasi untuk mengahadai MEA. Ini diungkapkannya setelah membacakan amanat Mendagri yang dibacakannya saat upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-20, Senin (25/4/2016) di halaman Kantor Bupati, Poros.

“Pemkab Karimun harus menata seluruh elemen Otda. Tujuannya agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas ini,” ujar Arif seperti disampaikan dalam rilis Humas Setdakab Karimun.

Dalam amanat Kemendagri, era Otda saat ini pelakunya dituntut mampu menghadapi tantangan MEA. Ini juga menjadi komitmen dan konsensus para pendiri bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan UUD 1945.

“Utuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal,” kata Arif saat membacakan amanat Kemendagri tersebut.

Dalam amanat itu, Kemendagri juga memaparkan lima hal yang akan terjadi antara negara Asean dalam pemberlakukan MEA ini. Di antaranya; arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil, arus bebas modal dan arus bebas investasi.

“Ini menjadi peluang sekaligus ancaman sehingga bagaimana caranya kita jangan jadi penonton di negeri sendiri,” ucap Arif dalam amanatnya saat membacakan sambutan Mendagri tersebut.

Sumber :lendoot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG