ANDA KRITIS…Ikuti Diskusi Interaktif di PRO2 RRI Tema Menggali Pancasila





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Radio Republik Indonesia (RRI) bekerjasama Proad Intermedia dan Wartakepri.co.id kembali menggelar Diskusi Interaktif dalam acara #Batamintersection, Minggu, 15 Mei 2016, Live di RRI PRO 2 Batam 105,5 Mhz pada pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Adapun tema yang diangkat cukup menarik perhatian masyarakat saat ini, yaitu Menggali Pancasila.

Nur Fahmi Magid selaku pimpinan PROAD Intermedia dan penggagas #Batamintersection mengangkat tema ini karena Pancasila kini ditengah kepungan banyaknya idealisme yang mulai terlihat saling berseberangan.

Sebagai penghantar tema diskusi ini Nur Fahmi memberi gambaran :

” Maraknya isu komunisme akhir-akhir ini sedikit banyak menimbulkan keresahan di tataran aktivis yang kini berjuang untuk advokasi rakyat miskin kota, buruh dan mereka yang termarginalkan. Idiom komunis diplesetkan untuk menjustifikasi mereka, sehingga seolah-olah anti Pancasila dan lain sebagainya.

Gerakan buruh yang menuntut Upah layak dianggap mewarisi pola-pola komunis dan anti Pancasila. Gerakan petani yang menuntut jaminan kesejahteraan, dianggap modus komunis yang anti Pancasili. Karena itu, perlu diskursus terbuka tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila agar penterjemahan Pancasila tidak kaku apalagi diplesetkan sebagaimana yang pernah kita alami selama 32 tahun kekuasaan orba.

Pancasila menjunjung tinggi Persatuan, kemanusian, dan keadilan Sosial. Pancasila adalah kombinasi dari semua isme-isme yang kini dipertentangkan.

Bukankah Soekarno pernah berkata, Jasmerah, jangan melupakan sejarah. Maka, sejarah penyusunan Pancasila tidak boleh dilupakan untuk mencapai titik pemahaman yang sempurna.

Tiga tokoh perumus Pancasila, Soekarno, Soepomo dan Mohammad Yamin itu memiliki latar belakang yang berbeda. Latar belakang pemikiran mereka perlu kita gali dalam diskusi ini, sehingga kita bisa memahami menyikapi kepungan isme-isme -yang kini terjadi, dan tidak timbul perpecahan,”

” Apakah betul kondisinya saat ini seperti itu, lalu apa saja ciri ciri kelompok mereka, dan bagimana cara kita menyikapinya. Serta langkah apa yang kita lakukan jika ada pertentang di masyarakat. Maka, inilah yang akan bersama kita diskusikan. Tentu, diskusi ini akan hidup selain mendengar pendapat para narasumber, juga terbuka bagi pendengar muda dan masyarakat di Kota Batam yang mendengar siaran di RRI Pro 2 Batam,” ujar Nur Fahmi Magid, Rabu (11/5/2016).

Ditambahkan Nur lagi, untuk interaktif masyarakat yang ingin bertanya atau menyampaikan pendapat, silahkan menghubungi 0778-7490244 atau SMS pertanyaan 08116915502. Atau mengirim pertanyaan melalui layanan Facebook Fanspage WartaKepri dengan Hastag #BatamIntersection.(dedy)



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA