1.799 Siswa SMK di Batam Bisa Prioritas Dapat Kerja di Batam

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Siswa-siswi lulusan SMK di Kota Batam mendapatkan uji sertifikasi gratis. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan ini merupakan tahun kedua pelaksanaan sertifikasi. Tahun ini kegiatan sertifikasi diikuti 1.799 siswa dari 28 SMK negeri dan swasta di Kota Batam.

” Tes dilaksanakan mulai hari ini, 16 Mei, sampai dengan 24 Mei mendatang. Sertifikasi ini digelar di enam tempat uji kompetensi,” kata Muslim saat pembukaan Sertifikasi Siswa SMK di Aula Sekolah Harapan Utama, Batam Centre, Senin (16/5/2016).

Uji kompetensi ini melibatkan lembaga independen yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang disahkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Ada sebanyak 33 bidang kompetensi yang dilakukan 13 LSP dalam kegiatan sertifikasi ini.

Muslim menjelaskan melalui kegiatan ini diharapkan lulusan SMK Kota Batam bisa terserap di dunia usaha maupun industri. Sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di Kota Batam.

” Hasil yang diharapkan yaitu lulusan SMK bisa dengan mudah diterima bekerja sesuai bidang kompetensinya,” kata Muslim.

Walikota Batam, Muhammad Rudi selain sertifikasi bagi pelajar, hal terpenting lainnya yaitu tersedianya lapangan pekerjaan. Dan ini merupakan tugas pemerintah untuk menciptakan peluang kerja bagi masyarakat Batam.

” Salah satu upayanya adalah dengan menata dan memperindah Kota Batam sehingga lebih banyak investor yang masuk ke sini. Oleh karena itu kami mohon dukungan semua pihak termasuk anak-anak sekalian dalam upaya menarik investasi ini,” kata Rudi.

Pada kesempatan tersebut juga dibagikan piagam penghargaan bagi sekolah SMA/SMK yang memperoleh nilai terbaik akumulatif dalam Ujian Nasional lalu.(humas/tika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG