Mau Merasakan Indahnya Malam Ramadhan, Datanglah ke Bintan

Warta ilustrasi festival lampu colok Bengkalis Riau


WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan akan menggelar festival lampu cangkok yang akan diikuti oleh tingkat kecamatan di Kabupaten Bintan.

Wakil Bupati Bintan Drs.H.Dalmasri Syam, MM menjelaskan kalau festival ini ide dari Bapak Bupati Bintan, maka Festival Lampu Cangkok ini akan digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional Melayu sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Bintan

” Tiap kecamatan dianjurkan untuk membuat satu karya seni yang ornamennya dari tatanan lampu cangkok yang berbahan minyak tanah serta di tempatkan di lokasi desa tiap-tiap Kecamatan,” jelas H.Dalmasri Syam, MM saat memimpin Rapat Terbatas di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan.

Honda Capella

Pemerintah juga akan membentuk Tim Panitia Kecil yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira yang akan menilai tiap-tiap desa per kecamatan yang akan di pertandingkan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Bintan Ronny Kartika menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat juga dijadikan salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya yang rencananya akan dinilai pada tanggal 27-28 ramadhan nanti oleh Panitia Kabupaten.

Menurutnya , festival ini mempunyai keunikan dimana semua bahan ornamen lampu cangkok bisa dikreasikan serta dapat ditata rapi di seluruh pelosok desa sehingga membuat desa-desa menjadi lebih semarak.

” Gelaran lampu cangkok ini juga bisa dijadikan event budaya festival tradisional ,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa tradisi ini merupakan warisan kultur masyarakat Melayu yang mulai hilang, untuk itu Bupati Bintan H.Apri Sujadi,S.Sos dan Wakil Bupati Bintan Drs.H.Dalmasri Syam,MM ingin menghidupkan lagi tradisi ini. Dimana memasang lampu cangkok di bulan Ramadhan merupakan wujud rasa syukur masyarakat dalam memasuki dan meriahkan malam lailatulkadar dan menyambut gembira hari kemenangan Idul Fitri.

“ Keindahannya saat malam hari membuat daya tarik seni yang artistik sehingga harus terus dilestarikan,” tandasnya.

Turut hadir pada Rapat Terbatas tersebut Sekda Kab Bintan Ir.Lamidi Assisten 1, Assisten 2, Assisten 3 Setda Kab Bintan, Jajaran SKPD Kab Bintan, Camat dan Jajaran Kemenag Bintan. (bintankab)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News