Awas.. Ada Topan Nida Berdampak Gelombang 2,5 Meter di Natuna‎ – WartaKepri
42 views

Awas.. Ada Topan Nida Berdampak Gelombang 2,5 Meter di Natuna‎

Cuaca mendung di Natuna ok1

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Angin kencang dan gelombang laut terpantau Stasiun Meteorologi Ranai cukup berbahaya dalam beberapa hari ini. Ranting pohon bertumbang di jalanan.

PKP DREAMLAND

“Kami merekomendasikan untuk tidak melakukan aktifitas melaut pada hari ini. Karena gelombang terpantau tinggi ,” kata Asrul Saprudin, Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Natuna, Selasa (2/8/2016).

Ia menjelaskan, data dan analisa Stasmet menunjukkan adanya tekanan tinggi di Asia yang dipengaruhi aktifnya angin “Nida”
Prakiraan BMKG, Asrul Saparudin mengimbau, nelayan berhati-hati.

Kejadian Senin sore hingga malam Selasa dari data analisa memang terdapat peningkatan awan konvektif comulonimbus ( awan tebal dan gelap ) yang menyebabkan terjadinya hujan sedang hingga lebat yang terjadi sekitar setengah zaman di daerah Bunguran.‎

” Biasanya jika terdapat awan seperti itu akan menimbulkan angin yang turun dari awan CB tersebut dan menimbulkan angin kencang secara tiba-tiba dengan durasi singkat,” tutur Asrul.

Untuk kejadian kemarin wilayah Natuna sangat dipengaruhi oleh adanya pertemuan angin dari arah barat daya hingga barat yang disebabkan di wilayah Filipina terdapat Siklon tropis “Nida” yang bergerak ke arah barat laut di laut Cina selatan.

Adapun dampak dari siklon tropis tersebut akan memengaruhi pertumbuhan awan yang banyak di wilayah natuna dan sekitarnya.

Diperkirakan dampak dari siklon tropis ini sekitar 2 atau 3 hari ke depan di wilayah Natuna dan sekitarnya.

Imbauan tentunya waspada terhadap gelombang laut tinggi terutama di wilayah perairan laut sebelah utara Natuna.
Gelombang laut signifikan dapat berkisar 1.25m-2.5m sehingga dapat membahayakan bagi para nelayan dan kapal pelayaran yang beraktifitas di wilayah tersebut. (rikyrinov)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA